Logo ABC

Pertama di Dunia, Komisi Persaingan Usaha Australia Gugat Google

ACCC menuntut Google ke pengadilan atas tuduhan penyalahgunaan data konsumen.
ACCC menuntut Google ke pengadilan atas tuduhan penyalahgunaan data konsumen.
Sumber :
  • abc

Komisi Persaingan Usaha dan Konsumen Australia (ACCC) menyeret perusahaan raksasa teknologi Google ke pengadilan atas tuduhan telah menyesatkan konsumen terkait data lokasi pribadi yang dikumpulkan, disimpan dan digunakannya.

Komisi Persaingan Usaha dan Konsumen Australia (ACCC) mengatakan ini merupakan pertama kalinya di dunia lembaga pemerintah menggugat Google atas dugaan penyalahgunaan data pribadi.

Dalam dokumen gugatan yang diajukan ke pengadilan, ACCC mengklaim Google telah menyesatkan konsumen Australia terkait fitur on-screen representations mereka yang menyediakan data lokasi konsumen ketika menggunakan aplikasi Google melalui HP atau Tablet Android mereka yang kemudian dikumpulkan dan digunakan Google tanpa izin konsumen.

ACCC mengatakan dengan praktek semacam itu, Google telah melanggar hukum konsumen Australia.

"Kami menggugat Google ke pengadilan karena kami menuduh bahwa sebagai konsekuensi dari fitur On-Screen Representation itu, Google telah mengumpulkan, menyimpan, dan menggunakan informasi pribadi yang sangat sensitif dan berharga tentang lokasi konsumen tanpa sepengetahuan mereka," kata Direktur ACCC Rod Sims.

"Ini adalah kasus pertama di dunia, gugatan ini terkait dengan penyalahgunaan data yang dikumpulkan, disimpan dan gunakan oleh Google yang belum pernah dilakukan sebelumnya."

ACCC Chair Rod Sims Direktur ACCC, Rod Sims mengatakan Google mengelabui konsumen.