Ekonomi Global Terus Bergejolak, Fed Pangkas Suku Bunga AS

Gubernur Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell
Sumber :
  • Twitter.com/@federalreserve

VIVA – Bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve menurunkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin pada Rabu waktu setempat. Keputusan tersebut merupakan hasil dari Federal Open Market Committee yang digelar untuk menentukan arah suku bunga. 

Harga Emas Hari Ini 31 Januari 2022: Global dan Antam Turun

Dengan keputusan tersebut, suku bunga acuan AS ada di kisaran 1,5-1,75 persen. Penurunan suku bunga ini diketahui yang ketiga pada tahun ini. Langkah tersebut diambil untuk mengantisipasi gejolak ekonomi global. 

"Komite akan terus memonitor pergerakan informasi untuk menentukan prospek ekonomi ke depan. Saat ini kebijakan suku bunga sudah di kisaran target yang ditetapkan," ujar pernyataan resmi Fed dikutip dari CNBC, Kamis 31 Oktober 2019. 

Rupiah Menguat Pagi Ini Dibayangi Potensi Pelemahan

Keputusan Fed tersebut dibuat di hari yang sama setelah pemerintah AS mengumumkan produk domestik bruto (PDB) pada kuartal III-2019 melambat menjadi 1,9 persen. Tingkat pengangguran pun direkomendasikan untuk dijaga pada level terendah dalam 50 tahun terakhir yaitu 3,5 persen. 

Dalam rapat FOMC tersebut, ada ketidaksepakatan tentang pemotongan suku bunga acuan lanjutan pada tahun ini. Presiden Regional Fed Esther George dari Kansas City dan Eric Rosengren dari Boston kembali menentang pemotongan suku bunga kembali tahun ini. Keduanya menyatakan bahwa komite seharusnya berkomitmen untuk memegang keputusan yang sebelumnya disepakati. 

Harga Emas Hari Ini 24 Januari 2022: Global Bervariasi, Antam Turun

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump, terus mendorong The Fed untuk terus memotong suku bunga dan melanjutkan program pelonggaran kuantitatif yang dilakukan. Langkah itu digunakan bank sentral selama dan setelah krisis keuangan untuk merangsang ekonomi.

Emas batangan di Pabrik Logam Mulia Sekunder Shchyolkovo.

Harga Emas Hari Ini 3 Maret 2022: Global dan Antam Kompak Stagnan

Harga emas Antam tercatat tak bergerak atau stagnan, sehingga tetap dibanderol sebesar Rp987 ribu per gramnya.

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2022