SBY Pembayar Pertama Tol Kanci-Pejagan

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya meresmikan Ruas Tol Terpadu Kanci-Pejagan. Dengan persemian ini, ruas tol yang dikelola anak usaha PT Bakrieland Tbk ini resmi beroperasi.

Peresmian ini dilakukan SBY di jalan tol Kanci-Pejagan dengan yang kemudian membunyikan sirine. Dalam peresmian itu Yudhoyono didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Gubernur Jawa Tengah, dan Gubernnur Jawa Barat.

"Dengan memohon ridha Allah SWT dan dengan mengucap bismillahirrahmanirahim, saya resmikan jalan tol Kanci Pejagan dan proyek infrastruktur lainnya dan bisa dimulai penggunaanya," kata SBY di peresmian jalan tol Kanci-Pejagan Cirebon, Selasa 26 Januari 2010.

Setelah mendatangani prasasti dan membunyikan sirine, SBY juga melakukan penanaman pohon Trembesi di sekitar wilayah itu. Nantinya SBY juga akan meninjau jalan tol. Pada saat pembayaran di Pinto Tol Kanci, Presiden akan melakukan pembayaran tol pertama.

Selain meresmikan jalan tolĀ  Kanci-Pejagan, Presiden juga meresmikan Pengendali Banjir Medan di Sumut, Jalan Layang Amplas Sumut, Jalan Layang Oerip Soemohardjo di Sulawesi Selatan, Waduk Benel Bali, Jembatan Cilaki cs di Jabar, Sarana Penyediaan Air Minum di Jabar dan Jateng, Rusunawa di Jabar dan Jateng.

Ruas tol ini adalah satu-satunya ruas Tol Trans Jawa yang masuk dalam Program 100 Hari Kabinet Indonesia Bersatu II. Melalui unit usahanya, PT Bakrie Toll Riad akan menjadi pengembang dan operator jalan Kanci-Pejagan sepanjang 35 km dengan investasi Rp 2,2 triliun. Ruas ini salah satu dari 5 ruas yang konsesinya dimiliki Bakrieland.

Jalan tol ini menghubungkan Kabupaten Cirebon-Jawa Barat dan Kabupaten Brebes-Jawa Tengah dan merupakan kelanjutan ruas Palimanan-Kanci yang sudah ada sebelumnya. Selain ini ruas Kanci-Palimanan tercepat dalam pembebasan lahan dan konstruksi pembangunan untuk Trans Jawa. Selain itu ruas jalan tol menggunakan konstruksi Precasted Prestressed Concrete Pavement (PPCP) yang memberikan jaminan kecepatan dan kualitas unggul karena beton yang diproduksi secara pabrikasi di dekat jalan.

Dalam pembangunan ini juga direncanakan secara jangka panjang membangun kawasan seluas 200 hektar, mengembangkan infrastruktur penunjang dengan jalan sebagai backbone, antara lain jaringan fiber optik, telepon, listrik, pipanisasi gas dan jalur pipa air.

Kawasan ini juga dibangun dengan Sentra UMKM yang bekerjasama dengan BNI dan BRI. Bakrieland juga membangun Tabung Pohon, yaitu Program Penghijauan Bakrieland Goes Green yang bertujuan mengantisipasi dampak polusi udara dan suara, dengan sistem bagi hasil setelah 5 tahun.

hadi.suprapto@vivanews.com

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis
Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Catatan sejarah ditorehkan Timnas Indonesia U-23. Armada Shin Tae yong memastikan tiket ke semifinal Piala Asia U 23 2024 usai menyingkirkan Timnas Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024