Sri Mulyani Harap Anggaran Pendidikan Siapkan Siswa Hadapi Globalisasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani
Sumber :
  • VIVAnews/Arrijal Rachman

VIVA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyatakan siap mendukung anggaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. 

Jokowi Revisi APBN 2023, Anggaran Pendidikan Naik Jadi Rp 624,25 Triliun

Namun begitu, Sri mengingatkan, anggaran akan diberikan bagi Kemendikbud, asalkan program-program pendidikan diarahkan untuk memacu siswa-siswi Indonesia siap menghadapi globalisasi, perkembangan teknologi, hingga era keterbukaan.

"Yang semua ini butuh kesiapan dari anak-anak didik kita," kata Sri Mulyani saat ditemui di Sekolah Dasar (SD) Kenari I, Jakarta Pusat, Senin, 4 November 2019.

Kesetaraan Pendidikan Terasa Bila 20 Persen Anggaran Digunakan Maksimal

Menurut dia, Indonesia bisa menjadi negara yang maju bila sumber daya manusianya memiliki kualitas pendidikan yang baik. Salah satunya adalah mampu dengan cepat merespons perkembangan dunia akibat pesatnya perkembangan teknologi, karenanya mendikbud harus bisa merancang program yang menjawab tantangan tersebut.

"Tentu menteri pendidikan akan ada peranan yang sangat penting dalam mendesain keseluruhan," tutur mantan direktur pelaksana Bank Dunia tersebut.

Sri Mulyani: Perempuan Harus Buktikan Layak Jadi Pemimpin

Untuk anggaran pendidikan, dari tahun ke tahunnya memang selalu mengalami kenaikan dan porsinya dalam keseluruhan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mencapai 20 persen. Pada 2019, anggaran pendidikan dalam APBN sebesar Rp492,5 triliun, naik 2,7 persen pada 2020 menjadi Rp505,8 triliun.

"Kami tentu saja dari Kementerian Keuangan akan mendukung upaya perbaikan bidang pendidikan maupun pengelolaan SDM secara umum," ujar Sri Mulyani.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam M Ali Ramdhani

Kado Awal 2024, Rp4,385 Triliun Dana BOS Madrasah dan BOP RA Cair

Pedoman Teknis Pengelolaan BOS Madrasah dan BOP RA sudah tersedia dalam Pusaka Superapps dan laman https://bos.kemenag.go.id atau https://erkam.kemenag.go.id/.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2024