Logo ABC

Suka Duka Cari Kerja di Australia Barat

Mencari pekerjaan di Australia Barat bukan soal yang mudah jika tidak memiliki kualifikasi dan kompetensi yang diperlukan.
Mencari pekerjaan di Australia Barat bukan soal yang mudah jika tidak memiliki kualifikasi dan kompetensi yang diperlukan.
Sumber :
  • abc

Setelah berkali-kali melamar kerja di berbagai restoran di Kota Perth, Australia Barat, Novie Collier akhirnya memutuskan untuk membuka usaha kue. Kini dia sibuk memenuhi pesanan pelanggan, apalagi saat-saat menjelang musim Natal seperti sekarang.

Novie datang ke Australia sejak tahun 2009 dan menikah dengan seorang warga setempat. Suaminya kini bekerja sebagai masinis pada perusahaan kereta api.

"Setelah menjadi PR, saya ikut belajar di TAFE. Tadinya mau mengambil kursus hospitality tapi bayarnya sangat mahal saat itu," katanya.

Sejak datang ke Perth, Novie mengaku tidak ingin tinggal diam di rumah dan bergantung pada penghasilan suaminya saja.

movie batik cake.jpg Novie Collier, warga asal Indonesia di Australia Barat, kini menjalankan usaha membuat kue. Salah satu kreasinya berupa kue bermotif batik.

Kiriman: Istimewa

"Saya telah melamar berbagai kerjaan di restoran. Tapi lebih banyak ditolak," ujar Novie kepada jurnalis ABC Farid M. Ibrahim, Rabu (6/11/2019).