Awalnya Tak Paham Pemasaran, Perajin Batik Ini Kini Rambah Butik

Nabilah Batik, usaha mikro batik milik Nenih Romlah
Sumber :
  • Pertamina

VIVA – Banyak cara dilakukan untuk memasarkan produk kerajinan usaha mikro. Satu di antaranya adalah dengan mengikuti ajang pameran produk unggulan.

Dalam Tiga Bulan, Serapan Produk UMKM di Pertamina Capai Rp3,5 Miliar

Nusacraft Lifestyle Exhibition contohnya. Gelaran ini merupakan ajang bagi para perajin usaha mikro terpilih untuk memasarkan produk-produk unggulannya ke target pasar yang lebih luas. 

Sejumlah perajin yang berpartisipasi dalam acara yang digelar di Atrium The Forum, Summarecon Mall Serpong, Tangerang pada 5-10 November 2019 itu merupakan mitra binaan unggulan PT Pertamina.

Tingkatkan Kualitas Produk dengan Rebranding Produk UMKM

Salah satunya Nabilah Batik, usaha mikro batik milik Nenih Romlah. Produknya fokus pada batik Garutan Tasikmalaya yang dikembangkan sejak 2007. 

Pada 2009, Nabilah Batik menjadi mitra binaan Pertamina, dan kini telah merasakan kemajuan bisnisnya sejak digandeng perusahaan pelat merah itu.

X-Trail Baru Dijual Rp370 Jutaan, dan Perusahaan Amerika Mau Investasi

“Sebelum jadi mitra binaan Pertamina, saya belum paham mengenai pemasaran produk. Waktu itu lebih banyak fokus ke produksi saja. Alhamdulillah kemudian banyak mendapat bimbingan dari Pertamina tentang pemasaran produk,” ujar Nenih dikutip dari keterangan tertulis Pertamina, Sabtu 9 November 2019.

Nenih mengungkapkan, selain mendapatkan bantuan modal dan bimbingan mengenai pemasaran produk dari Pertamina, usaha batik miliknya kini telah berhasil disalurkan ke sejumlah toko dan butik di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Dari Pertamina juga sering mengikutsertakan saya ke pameran-pameran berskala nasional. Saya jadi dapat banyak pelanggan dari pameran tersebut. Seperti pameran hari ini,” ujarnya.

Nenih mengaku, selain menambah wawasan mengenai pengembangan dan pemasaran produk, Pertamina juga aktif mengolaborasikan produk Nabilah Batik dengan mitra binaan unggulan lainnya. Upaya itu membuat antar usaha mikro dapat saling membantu produksi satu sama lain.

Program kemitraan di Pertamina, bertujuan untuk membantu menggerakkan ekonomi masyarakat melalui pembinaan usaha kecil dan mikro, agar dapat mandiri. 

“Banyak kami temukan usaha mikro yang sangat potensial untuk berkembang. Kami juga ingin mitra binaan yang sudah sukses dapat berkolaborasi dengan mitra binaan yang masih berkembang, agar kesuksesan tersebut dapat menular," ujar  Unit Manager Communication and CSR Pertamina Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami.

Dalam ajang Nusacraft Lifestyle Exhibition, mitra binaan Pertamina lainnya yang berpartisipasi antara lain Rumah Jahit Andini, Dea Collection, Kresna Handicraft, Cempaka Craft, dan @apikmenbyats. Konsumen yang berkunjung ke booth mitra binaan Pertamina juga berkesempatan memainkan wheels of fortune untuk memenangi voucher bensin Pertamina senilai Rp150.000 dengan minimal pembelian Rp1.500.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya