Wahai Pemilik Kafe, Berikut ini Minuman Kopi yang Lagi Tren

Warga Yunani saat mencicipi kopi khas Indonesia
Sumber :
  • KBRI Athena

VIVA – Kopi susu dan boba tengah menjadi minuman yang digemari masyarakat. Tak heran bisnis di industri minuman ini sedang menjamur, ditandai dengan banyaknya jumlah franchise dari merek yang menjual kedua jenis minuman tersebut. 

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Tidak hanya di pusat perbelanjaan, minuman tersebut juga dapat dengan mudah dipesan lewat aplikasi layanan antar makanan berbasis online. Namun, tren makanan atau minuman kekinian biasanya cepat sekali berubah. Bahkan, tidak sedikit pelaku bisnis tersebut gulung tikar. 

Ini mengundang pertanyaan menarik, apakah tren kopi susu dan boba tetap bertahan? Apakah akan berlanjut di tahun 2020?

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Kalangan pebisnis minuman perlu sigap mengantisipasi tren pasar. Soal tren minuman, ternyata kopi susu dianggap masih menjadi minuman favorit dibandingkan dengan menu berbahan kopi lainnya. 

Berkaca pada 2019 ini, Pandan Latte dipandang mulai jadi tren baru yang diminati masyarakat. Tidak seperti Cappuccino, Americano maupun Cafe Latte yang tampaknya mengalami penurunan transaksi. Demikian menurut kalangan pelaku dan pengamat bisnis minuman berbahan kopi. 

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Elisa Sutedja, co-owner Fore Coffee, termasuk bisnis coffee shop yang menjual menu Pandan Latte. Dia mengaku, inisiatif menyajikan Pandan Latte ini bermula dari keinginan untuk memperkenalkan rasa khas Indonesia. 

“Kita senang sekali melihat ketertarikan konsumen pada produk Pandan Latte, mengingat Fore merupakan coffee chain pertama yang mengangkat uniqueness Pandan di kopi. Fore sebetulnya sudah mematenkan menu ini sebagai menu original Fore,” ujar Elisa.

Walau penjualan menu kopi susu meningkat, terjadi tren penurunan penjualan kopi di beberapa outlet. 

Hal ini disinyalir karena semakin banyaknya coffee shop baru yang bermunculan di sejumlah wilayah. Jika dilihat dari data transaksi, perbandingan transaksi paling menurun di wilayah DKI Jakarta berada di kota Jakarta Selatan. Lalu, di jam berapakah penjualan menu kopi paling banyak terjual dalam satu hari?

Sesuai dengan data transaksi yang masuk, ternyata waktu paling ramai di coffee shop adalah saat makan malam, yakni pukul 17.00-21.00 WIB. Sepertinya tren ini terbentuk karena kebiasaan nongkrong bersama teman-teman setelah pulang kantor ya? Sungguh menarik!    

Hutami Nadya, Data Analyst Moka, memaparkan strategi utama untuk bisnis kopi pada 2020. Menurutnya, mengetahui keadaan pasar saat ini adalah langkah yang harus diambil oleh para pelaku bisnis. Misalnya, mengetahui potensi untuk membuka kedai kopi di wilayah yang bisa mendatangkan margin lebih tinggi. 

“Dengan mengetahui strategi pasar, diharapkan pelaku bisnis dapat memperluas market dan menambah pendapatan,” ujarnya Selain itu, Hutami juga menambahkan bahwa dengan memperhatikan loyalty program pada pelanggan dapat meningkatkan pertumbuhan pendapatan (revenue) setidaknya 25% dibandingkan dengan kedai yang tidak memanfaatkan loyalty program.

Bagaimana dengan boba?

Minuman ini justru dinantikan banyak orang setiap harinya. Berdasarkan data, penjualan bubble tea meningkat sebanyak 12 kali lipat pada Oktober 2019 dibandingkan dengan tahun lalu. 

Mengenai pilihan menu, Classic Brown Sugar adalah menu yang paling sering ditemui di gerai bubble tea. Namun, pelaku bisnis bisa mencoba variasi mixed fruit, lemonade dan cheese. Meskipun jarang ditemui, menu-menu ini memiliki jumlah permintaan tinggi. Berbeda dengan kopi, waktu paling 

Dari segi pembayaran, e-payment merupakan metode terbanyak kedua yang digunakan oleh para pelanggan setelah uang tunai. Walaupun transaksi masih didominasi oleh tunai, pembayaran secara digital sedang berkembang dengan pesat, terutama pada enam bulan terakhir (Mei 2019 - Oktober 2019).Metode pembayaran e-wallet

Hutami menjelaskan bahwa melangsungkan bisnis minuman boba di tahun 2020 bisa dengan mengandalkan strategi dari sisi harga dan lokasi. Dari sisi harga, penjual harus mampu menentukan harga yang tepat, apakah produk tersebut masuk ke harga low-price classic brown sugar dengan harga 24 ribu rupiah atau di ranah premium classic brown sugar dengan kisaran harga 44 ribu rupiah. Harga yang tepat sesuai dengan demand berada di kisaran 35-40 ribu rupiah.

Untuk wilayah di Jakarta, Hutami menyarankan agar para pelaku bisnis untuk fokus pada daerah yang memiliki permintaan tinggi dengan kepadatan yang lebih rendah. “Ya, bisa dilihat di Jakarta Barat, menurut data, kepadatan di sana masih tergolong lebih rendah dibandingkan dengan misalnya Jakarta Pusat dan Selatan, sedangkan permintaan cukup tinggi,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya