Forum Debat Ternama Oxford Perlakukan Mahasiswa Buta dengan Hina

Insiden Ebenezer Azamati di acara debat Oxford
Sumber :
  • Facebook / Oxford University Africa Society via Metro

VIVA – Mahasiswa PhD Universitas Oxford asal Afrika Ebenezer Azamati mengalami hal yang tidak menyenangkan saat akan mengikuti forum diskusi atau debat yang dilangsungkan oleh Oxford Union. Dilansir laman The Guardian, mahasiswa yang baru berusia 25 tahun tersebut sampai ditarik paksa agar keluar dari ruangan debat oleh petugas keamanan sampai-sampai dengan cara menarik kaki mahasiswa yang diketahui penyandang tunanetra itu.

Mahasiswa BEM Unram Terobos Hotel Tempat Jokowi Nginap, Diadang Paspampres

Perlakuan yang diterima Azamati, mahasiswa buta asal Ghana itu kemudian diungkap luas oleh Komunitas Mahasiswa Oxford asal Afrika (OUAS) yang menyebut bahwa tindakan yang dialami Azamati adalah bentuk kekerasan, tak manusiawi dan perlakukan memalukan yang membuat para mahasiswa luar tak merasa diterima di forum itu dan Oxford.

Awalnya pada hari acara debat disebutkan bahwa Azamati sengaja datang lebih cepat ke ruangan debat dan kemudian mengambil tempat duduk dengan menaruh buku di tempat duduk dekat pintu masuk. Hal itu dilakukannya karena khawatir tak ada area khusus mahasiswa peserta difabel di debat Oxford Union. Kemudian dia pergi sebentar untuk makan malam dan kembali lagi saat acara akan dimulai.

Dana Otsus Papua Dioptimalkan untuk Pembangunan Fisik Pendidikan dan SDM

Namun saat dia kembali ke lokasi dan duduk di tempat yang ditaruhnya buku, Azamati kemudian diminta untuk tak mengambil tempat di sana. Dalam video yang beredar, ada dua petugas yang meminta dan kemudian memaksa Azamati dengan menarik kaki mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional tersebut. Sementara Azamati berusaha bertahan dengan memegang sandaran kencang bangku yang dia duduki.

Sementara Ketua Oxford Union Brendon McGrath pada saat forum mengatakan bahwa Azamati telah berlaku tak sopan, kasar serta agresif. Namun tuduhan itu diprotes oleh OUAS. Kemudian muncul dorongan melalui petisi agar McGrath mundur dari jabatannya.

UTBK 2024 Dimulai, 11.091 Peserta SNBT Ikuti Tes di UNNES Semarang

"Saya merasa diperlakukan seperti bukan manusia yang seharusnya mendapatkan keadilan dan perlakukan yang layak," kata Azamati dikutip dari Sunday Times.

Sementara Universitas Oxford menyatakan bahwa Oxford Union yang merupakan forum debat yang digagas oleh almamater Oxford dan menjadi forum debat yang bergengsi bukanlah bagian dari kampus itu sehingga merupakan sebuah organisasi independen.

Belakangan disebut bahwa McGrath telah mencabut laporan terhadap Azamati yang awalnya dia anggap berlaku kasar. Namun secara resmi Oxford Union belum memberikan pernyataan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya