Sandiaga: Anak Muda Jangan Jadi Penonton, Harus Berani Wirausaha

Sandiaga Uno di Kerinci, Jambi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Mantan Wakil Gubernur DKI yang juga pendiri gerakan kewirausahawan OK OCE, Sandiaga Uno menyambangi Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, Jambi, Senin, 18 November 2019. Kehadiran Sandi untuk mengisi sejumlah seminar kewirausahaan yang diikuti para generasi milenial Jambi.

Cara Majoo Ajak UMKM Indonesia Berkembang Lewat Akselerasi Bisnis

Sebagai pembicara utama dalam seminar dengan tema 'Cara Tepat, Cepat Menjadi Kaya', Sandi menekankan Kerinci dan Sungai Penuh punya peluang besar sebagai usaha dan investasi. Potensi itu karena dua daerah tersebut punya prospek dalam sektor pertanian dan pariwisata.

Menurut Sandi, jika dioptimalkan maka akan bisa menghasilkan produk ekonomi kreatif yang potensial.

Cara Sun Life Indonesia Dorong Generasi Muda Jadi Entrepreneur di Industri Asuransi

"Kerinci dan Sungai Penuh, punya peluang usaha yang besar, yang paling besar adalah segi pariwisata dan produk ekonomi kreatif dan pertanian. Saya juga melihat peluang investasi, yang luar biasa," ujar Sandi dalam seminar di Gedung Nasional Kota Sungai Penuh seperti disampaikan dalam keterangan resminya.

Sandi menyebut dengan potensi itu maka generasi milenial di Jambi terutama di Kerinci dan Sungai Penuh seharusnya tak perlu takut menggerakkan sektor kewirausahaan. Hal ini penting untuk bisa mendongkrak ekonomi lokal karena membuka lapangan pekerjaan. Salah satunya yang ditawarkan dengan gerakan kewirausahaan OK OCE.

Jaminan Mutu ! Yuk, Pantau Karya Finalis WMM 2023 di Tunjungan Plaza 3 Surabaya

Bagi dia, saat ini, generasi milenial harus berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Jangan hanya menjadi penonton di negera sendiri. Kata Sandi harus berani memulai sebagai wirausaha.

"Kalau anak muda hanya menjadi penonton, maka kita akan kalah dari negara lainnya. Maka kunci ada di tangan milenial, yang akan menjadi pemain," ujarnya.

Menurutnya, jangan takut untuk memulai wirausahawan. Ia meyakini jika ikhtiar optimal disertai optimis maka akan berhasil. Prinsip ini yang pernah diterapkan dirinya saat merintis sebagai pengusaha.

"Mari mulai usaha kita, dengan penuh perjuangan, optimis agar menjadi orang-orang yang sukses," tuturnya.

Selain sebagai pembicara, Sandi juga menandatangani kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci terkait OK OCE. Eks Calon Wakil Presiden di Pemilu 2019 itu disambut langsung Wakil Bupati Kerinci, Ami Taher. Sandi dalam lawatan ke Jambi ditemani Ketua Umum OK OCE, Iim Rusyamsi dan Bendahara Umum OK OCE, Rahmat Agustiar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya