Cermati Ajak Bukalapak Luncurkan Fitur Pengajuan Kartu Kredit Online

Cermati Gandeng Bukalapak Luncurkan Fitur Pengajuan Kartu Kredit Online
Sumber :
  • Cermati.com

VIVA – Marketplace produk keuangan Cermati.com meluncurkan fitur layanan digital pengajuan kartu kredit online melalui platform Bukalapak. Hal ini dimaksudkan, untuk memberikan kemudahan akses kepada masyarakat dalam mengatur keuangan dengan lebih efektif.

BNI Pastikan Transaksi Lancar di Momen Lebaran hingga Tebar Diskon Belanja

Fitur yang dinamakan Ajukan Kartu Kredit Online ini hanya membutuhkan waktu maksimal tiga hari kerja, setelah pengajuan melalui Bukalapak untuk proses verifikasi dan pelengkapan dokumen. Hal ini, ditujukan untuk memberikan kemudahan akses kepada masyarakat dalam mengatur keuangan dengan lebih efektif.

Data Bank Indonesia menunjukkan, total transaksi kartu kredit mencapai Rp314 triliun sepanjang 2018, angka ini naik 41 persen dalam lima tahun terakhir. Hal ini membuktikan bahwa kartu kredit masih menjadi salah satu alat pembayaran nontunai (cashless) yang sangat diminati masyarakat Indonesia dalam memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari.

Nikmati Beragam Kemudahan Transaksi QRIS Dengan Sumber Dana Kartu Kredit BRI Lewat Aplikasi BRImo

Faktor pendorong kenaikan transaksi kartu kredit, antara lain penawaran aneka promo, mulai dari diskon, point rewards, cashback, hingga cicilan 0 persen dari bank penerbit untuk nasabah. Selain itu, tren kenaikan transaksi di sejumlah marketplace di Tanah Air juga menjadi salah satu satu alasan mengapa metode pembayaran menggunakan kartu kredit digital kian populer.

Namun, berdasarkan laporan Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2019, tingkat literasi atau pemahaman masyarakat tentang produk keuangan masih tergolong rendah, yakni hanya sekitar 38 persen.

Manjakan Nasabah Jelang Imlek, Bank Mandiri Tebar Promo dan Diskon

Sehingga, hanya sedikit orang yang bisa mendapatkan akses ke layanan kartu kredit, karena kurangnya data skor kredit. Beberapa kalangan juga belum bisa menemukan kartu kredit yang paling sesuai dengan kebutuhan, merasa kesulitan mendapatkannya secara online, atau memaksimalkan penggunaannya dalam membantu mengelola keuangan.

Untuk menjembatani hal ini, Chief Business Officer Cermati.com, Carlo Gandasubrata, seperti dikutip dari keterangannya, Rabu 20 November 2019, menyampaikan bahwa Cermati.com yakin kerja sama dengan Bukalapak dapat memberikan kemudahan akses memiliki produk keuangan secara online, sekaligus meningkatkan literasi keuangan pengguna.

“Ke depannya, kami ingin terus mengedukasi masyarakat tentang manfaat kartu kredit untuk mengatur keuangan yang lebih ekonomis dan terkontrol,” uajrnya.

Sementara itu, Co-Founder and President Bukalapak, Fajrin Rasyid menyambut baik kerja sama ini. “Bukalapak masih memiliki potensi besar dalam memperluas pasar pengguna kartu kredit melalui platform digital. Hingga saat ini, terdapat 17 Juta pengguna Bukalapak yang belum pernah bertransaksi menggunakan kartu kredit. Karena itu, kemitraan Bukalapak dengan Cermati.com, kami pandang sebagai langkah strategis dalam menghadirkan alternatif bertransaksi yang aman, nyaman dan menguntungkan,” kata dia.

Fajrin menambahkan, program yang diluncurkan mulai 14 November 2019 ini menargetkan tambahan nasabah hingga lima ribu pengguna pada kuartal pertama.

Selain ditawarkan dengan tahapan yang mudah dan proses pengajuan yang singkat, fitur ini juga menghadirkan promo berupa credits belanja senilai Rp100 ribu bagi user yang mendapat persetujuan pengajuan kartu kredit.

Selanjutnya, credits tersebut dapat dinikmati oleh pengguna untuk berbelanja di Bukalapak. Promo yang dapat digunakan untuk berbelanja di Bukalapak ini berlaku untuk pengajuan kartu kredit hingga 31 Desember 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya