40 Tahun Tak Direnovasi, Pasar Senen yang Terbakar Dibangun Kembali

Penancapan tiang pancang Proyek Pasar Senen.
Sumber :
  • VIVAnews/Syaefullah

VIVA – PT Jaya Real Property Tbk atau JRPT mulai melakukan pembangunan pemasangan tiang pancang Proyek Pasar Senen blok 1 dan blok 2, Jakarta Pusat, Rabu 20 November 2019.

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tarif Tiket Kereta Api Usai Lebaran, Ini Daftarnya

Pasar Senen ini memang sudah puluhan tahun tidak pernah direnovasi sejak zaman Presiden pertama Soekarno hingga hari ini. Maka, JRPT sempat mengajukan kepada pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan renovasi pada 2004.

"Kami lihat sudah 40 tahun jadi perlu diremajakan kembali," kata Direktur Utama PT Jaya Real Property Tbk, Trisna Muliadi, pada saat groundbreaking pembangunan Pasar Senen 1 dan 2 Jakarta Pusat.

Tembus 47 Ribu Penumpang, KAI Prediksi Puncak Arus Mudik Mulai Hari Ini

Trisna menjelaskan, memang tahap awal rencana renovasi Pasar Senen itu blok 5. Akan tetapi, karena blok 1 dan blok 2 mengalami kebarakan maka diputuskan untuk membangun kembali Pasar Senen blok 1 dan blok 2 tersebut.

"Kita melihat bahwa urgensinya blok 1 dan 2 yang perlu dibangun sehingga dengan merencanakan selama dua tahun akhirnya kita putuskan untuk membangun blok 1 dan 2," ujarnya.

Situasi Puncak Arus Mudik Stasiun Senen, 26.777 Orang Tinggalkan Jakarta

Ia menjelaskan, untuk luas lokasi Pasar Senen blok 1 dan blok 2 yang dibangun 69.600 meter persegi terdiri dari enam lantai.

"Kami mengharapkan beberapa ciri utama Senen itu yang aktif sekitar aktif jam 8 sampai jam 4 atau 5 pagi itu menjadi kekuatan," katanya.

"Kami harapkan kawasan Senen jadi kawasan lebih baik sehingga dapat meningkatkan ekonomis dan nilai kawasan sehingga dapat membantu perkembangan kota dan dapat menjadikan kawasan Senen lebih baik," kata Trisna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya