Wanita Butuh Tidur Lebih Lama

VIVAnews - Siapa yang butuh tidur lebih lama, pria atau wanita? Sebuah penelitian di Inggris menyimpulkan bahwa wanita membutuhkan waktu tidur 20 menit lebih lama dibandingkan pria. Terutama, bagi wanita karier yang merangkap pekerjaan rumah tangga.

"Wanita cenderung melakukan banyak pekerjaan pada waktu yang bersamaan. Sehingga, otak wanita bekerja lebih banyak dibandingkan pria. Karena itu, wanita butuh tidur lebih lama," kata Profesor Jim Horne, Kepala Sleep Research Centre di Loughborough University, Inggris seperti dikutip dari laman Daily Mail.

Horne yang juga penulis 'Sleepfaring: A Journey Through The Science Of Sleep' itu mengatakan bahwa fungsi utama tidur adalah memberikan waktu kepada otak untuk beristirahat dan pemulihan. Masa pemulihan otak terutama dibutuhan pada bagian korteks, yaitu memori otak yang bertanggung jawab antara lain untuk berpikir. "Korteks akan mengalami pemulihan pada saat tidur," ujarnya.

Hasil penelitian menunjukkan, pekerjaan wanita lebih berat dibandingkan pria sehingga otak wanita membutuhkan waktu istirahat lebih lama. "Rata-rata, wanita membutuhkan tidur lebih lama 20 menit dibandingkan rata-rata durasi tidur pria. Meskipun beberapa wanita mungkin perlu sedikit lebih atau kurang dari durasi tersebut" jelas Horne.

Sementara pria dengan pekerjaan yang lebih kompleks, banyak membuat keputusan besar, dan berpikir secara terus menerus juga membutuhkan waktu tidur yang lebih lama. Jadi, semakin banyak otak bekerja maka semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk memulihkannya. Jadi, jika Anda melakukan banyak pekerjaan maka imbangi dengan tidur yang cukup. 

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II
Pepaya

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Buah pepaya yang dibuang oleh pedagang ini diduga dalam kondisi masih layak untuk dikonsumsi dan ada juga yang sudah busuk, sehingga menumpuk diakses jalan depan los buah

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024