Presiden Terpilih Sri Lanka Tunjuk Kakak Kandung Jadi Perdana Menteri

Presiden terpilih Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa
Sumber :
  • Colombo Telegraph

VIVA – Presiden terpilih Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa, menunjuk kakak laki-lakinya, Mahinda, sebagai Perdana Menteri. Langkah ini semakin memperkuat cengkeraman kekuasaan klan yang telah menghancurkan Macan Tamil satu dekade lalu.

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Mahinda, yang pernah menjabat sebagai presiden selama dua kali masa jabatan, akan dilantik sebagai perdana menteri hari ini menyusul pengunduran diri Ranil Wickremesinghe setelah partainya mengalami kekalahan pada pemilu presiden pekan lalu.

Juru Bicara Pemerintah Sri Lanka, Vijayananda Herath, mengatakan Mahinda Rajapaksa yang kini berusia 74 tahun akan dilantik oleh adiknya Gotabaya Rajapaksa yang berusia 70 tahun. Dua saudara kandung lainnya, Basil dan Chamal, juga aktif dalam politik.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

"Perdana Menteri Rajapaksa akan menunjuk kabinet segera setelah mengambil sumpah jabatan," kata Vijayananda, seperti dilansir Channel News Asia, Kamis 21 November 2019.

Gotabaya sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan di bawah kepemimpinan Mahinda saat ia menjabat sebagai presiden selama satu dekade, yang berakhir pada Januari 2015.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Dengan jabatan Mahinda sebagai perdana menteri, maka Sri Lanka untuk pertama kalinya akan memiliki pemimpin yang bersaudara kandung. Pada masa kepresidenan Mahinda yang pertama, saudara tertuanya yakni Chamal pernah menjabat sebagai ketua parlemen.

Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024