Logo ABC

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem

Pemandangan kota tua Yerusalem diambil dari kawasan yang bernama Mount of Olive.
Pemandangan kota tua Yerusalem diambil dari kawasan yang bernama Mount of Olive.
Sumber :
  • abc

Tidak pernah terlintas dalam pikiran untuk mengunjungi masjid Al Aqsa karena menganggap Palestina selalu penuh dengan konflik, bahkan memakan korban jiwa seperti yang banyak dilaporkan media massa.

Saya baru memutuskan berangkat setelah ada tur dari Indonesia yang menawarkan kunjungan ke Al Aqsa di Yerusalem, dengan berziarah ke tempat-tempat para nabi.

Tak ada cara lain menuju kesana selain menggunakan visa negara Israel, yang semua urusan pengajuan visanya sudah diurus oleh agen tur.

Saya hanya tinggal terbang langsung dari Melbourne menuju Kairo, ibukota Mesir, karena akan masuk lewat perbatasan kota Taba di Mesir dan kota pantai Eliat di sisi Israel.

Ada rasa waswas saat hendak memasuki perbatasan, karena sebelumnya pernah membaca beberapa pengalaman blogger Muslim dari luar Indonesia soal perlakuan petugas imigrasi Israel.

Susahkah Masuk Israel?

Eliat city in Israel
Suasana di luar perbatasan kota Eilat, sebuah kota pantai dekat dengan 'Red Sea'.

Foto: ABC News, Erwin Renaldi

Saat hendak melewati perbatasan, pemandu kami sudah memperingatkan agar saat ditanya petugas imigrasi Israel soal data pribadi harus dijawab jujur dan akurat, sesuai data yang diberikan saat mengajukan visa Israel, terutama jika ditanya nama kakek.

Saat mendekati gerbang perbatasan, pemandu juga memperingatkan untuk tidak berfoto atau merekam video selama di kawasan perbatasan, karena pihak berwenang akan mengamati semua perilaku pelintas perbatasan. Jika ada yang dicurigai, maka bisa diinterograsi dan akan memakan waktu lama.

Ada beberapa pos yang harus dilewati, yang pertama adalah pengecekan barang bawaan dan koper-koper yang harus dibawa sendiri, karenanya penting untuk tidak terlalu membawa banyak barang agar tidak terlalu berat.

External Link: Facebook Al Aqsa