Lakukan Langkah Inisiatif, Pertamina EP Cepu Field Raih Gold ASRR 2019

PEP Asset 4 Cepu field raih Gold ASRR 2019.
Sumber :
  • Dok. Pertamina EP

VIVA – PT Pertamina EP atau PEP melalui unit bisnisnya Asset 4 Cepu field kembali meraih prestasi dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating atau ASRR 2019. PEP meraih peringkat Gold pada ajang National Centre Sustainibility Reporting atau NCSR.

Dukung Peningkatan Kapasitas Nasional Lewat Industri Hulu Migas, IDSurvey Siap Beri Dampak Positif

Field Manager Pertamina EP Asset 4 Cepu Field, Afwan Daroni mengatakan Gold yang didapat kali ini salah satu wujud komitmen dan inisiatif perusahaan dalam penerapan prinsip Triple Bottom Line 3P (Profit, People, Planet).

Menurut dia, 3P sendiri adalah mengomunikasikan berbagai kegiatan dan investasi perusahaan guna mendukung keseimbangan kinerja aspek keuangan, sosial, dan lingkungan melalui Sustainability Report (SR) sesuai dengan ketentuan penyajian Global Reporting Initiative (GRI) Standard.

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

"Kami telah melakukan penyusunan Laporan SR setiap tahunnya dan pada 2019 dinominasikan oleh NCSR untuk berkompetisi dengan negara Asia lainnya seperti Filipina, Malaysia, dan Bangladesh dalam ajang ASRR (Asia Sustainability Report Rating). Alhamdulillah ini kali kedua kami mendapatkan penghargaan terhadap SR tingkat internasional," ujar Afwan dalam keterangannya, dikutip Selasa 26 November 2019.

General Manager PT Pertamina EP Asset 4, Agus Amperianto, menambahkan raihan Gold yang diterima pihaknya diharapkan akan terus dipertahankan dan ditingkatkan kinerjanya secara berkelanjutan dan tentunya pertahankan sistem pelaporannya.

Lapangan Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning Resmi Beroperasi

Tahun ini proses penilaian laporan dilakukan oleh 50 assesor yang merupakan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki kompetensi sebagai assesor karena telah memiliki sertifikat spesialis laporan berkelanjutan yang dikeluarkan oleh NCSR.

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BPPT, Bambang Brodjonegoro, mengatakan inovasi tidak harus selalu dalam bentuk temuan yang luar biasa, namun inovasi juga harus dapat memudahkan dan digunakan oleh masyarakat luas.

"Inovasi tidak harus merupakan temuan luar biasa yang dapat memenangkan penghargaan, bisa juga inovasi yang dapat membantu orang-orang secara umum," ujarnya.

Perlu diketahui, Pertamina EP Cepu Field merupakan salah satu lapangan yang berada di bawah pengawasan Asset 4. Saat ini Cepu Field memproduksikan minyak sebesar 2.178 BOPD dan gas sebesar 68.32 MMSCFD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya