Ratusan Cacing Pita Ada di Otak Pria Ini, Gejalanya Mengerikan

Foto otak terpapar ratusan larva cacing pita dari daging kurang matang
Sumber :
  • Zhejiang University Hospital via Independent

VIVA – Tim medis di China menemukan ratusan cacing pita di dalam otak seorang pekerja
konstruksi. Riwayatnya diketahui sebelum sakit dia memakan daging babi dalam hidangan hotpot. Pria berusia 49 tahun dari Zhejiang di China timur itu dibawa ke rumah sakit setelah menderita kejang semalaman setelah sebulan mengalami sakit kepala.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Awalnya saat pemeriksaan, pria itu dikira mengalami gejala seperti epilepsi. Namun dokter di Rumah Sakit Universitas Zhejiang menemukan ada yang janggal di kedua sisi otaknya serta penumpukan kalsium di pembuluh darahnya.

Dokter kemudian mendiagnosis pria bernama Zhu itu dengan Neurocysticercosis yang mana hasil dari larva cacing usus menyerang otak. Menurut pihak rumah sakit, dia dimungkinkan tertular parasit melalui masakan daging babi yang kurang matang yang dia makan dari hotpot sebulan sebelumnya.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Chinese hotpot merupakan makanan yang disajikan dalam panci besar berisi kaldu berbumbu yang direbus di mana para pengunjung bisa mencelupkan atau memasak makanan mereka sendiri dengan irisan daging tipis.

"Saya hanya merebus dagingnya sedikit. Bagian bawah panci dengan kaldu pedas berwarna merah dan saya tidak bisa melihat bahwa dagingnya benar-benar dimasak. Jadi saya memakannya dengan tidak sabar," ujar Zhu dikutip Independent, Kamis 28 November 2019.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Dokter lalu melakukan tindakan medis. Kini diketahui Zhu mulai pulih setelah cacing-cacing tersebut diangkat dari otaknya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), neurocysticercosis banyak dialami petani miskin di negara-negara berkembang di Amerika Selatan, Afrika dan Asia.

Mobil listrik bZ3C

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Toyota meluncurkan dua mobil listrik terbarunya, yakni Toyota bZ3C dan Toyota bZ3X. Saudara dari mobil listrik bZ4X tersebut diluncurkan pada ajang Beijing Auto Show 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024