Mimpi Ciputra Bantu Orang Terpinggirkan Jadi Wirausahawan

Ir Ciputra
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Selain dikenal sebagai seorang pengusaha yang sukses, almarhum Ir. Ciputra atau yang karib disapa Pak Ci, nyatanya juga memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Ciputra Group Raup Rp 1,5 Triliun dari Penjualan 1.000 Unit di Proyek CitraGarden Serpong

Hal itu diutarakan Direktur Senior Ciputra Grup, Antonius Tanan, yang mengaku sempat ditugaskan oleh almarhum untuk membuat pelatihan, bagi masyarakat yang ingin memulai berwirausaha.

"Beliau pernah bilang, 'Antonius, kamu harus bisa melatih dan membantu masyarakat melalui entrepreneur, seperti misalnya mantan PSK (pekerja seks komersil) yang sudah tua," kata Antonius di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 28 November 2019.

Penuhi Kebutuhan Penghuni, Citra Maja Raya Siapkan Kawasan Komersial Baru

Selain itu, Antonius juga mengaku pernah ditugaskan untuk membantu memikirkan masa depan bagi orang-orang yang hidupnya terpinggirkan.

Dia pun mengaku tak paham bagaimana maksud sebenarnya dari perkataan almarhum tersebut, hingga akhirnya dibimbing langsung mengenai cara merealisasikannya melalui dunia kewirausahaan.

Memukau, Suteepat Praateeptienchai Menangkan BNI-Ciputra Golfpreneur

"Awalnya, saya tidak tahu caranya bagaimana. Tapi dia bicara terus menerus, sehingga saya sadar bahwa rakyat jelata ada di dalam hati dia. Pak Ciputra ingin membuat negara Indonesia menjadi negara entrepreneur," ujar Antonius.

Tak sampai di situ, Antonius mengaku pada medio 2006 lalu, almarhum pernah mengajaknya untuk berkunjung ke rumah seorang pejabat yang dinilai mampu membantunya mewujudkan hal tersebut.

Hingga akhirnya, Antonius menjelaskan bahwa dari upaya itu, saat ini Ciputra Grup sudah memiliki pelatihan bagi para buruh migran agar mereka bisa memiliki jiwa dan pemahaman mengenai kewirausahaan.

"Dia ingin menginspirasi bangsa dengan entrepreneurship. Kami membantu hingga delapan tahun sampai sekarang ini, untuk melatih para buruh migran di Malaysia, Singapura, Hongkong, sampai Korea Selatan," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya