Parah, Rumah Sakit di AS Transplantasi Ginjal ke Pasien yang Salah

Ilustrasi ginjal.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sebuah rumah sakit di New Jersey, Amerika Serikat (AS) mengakui secara tidak sengaja telah melakukan transplantasi ginjal kepada pasien yang salah. Kekacauan itu terjadi pekan lalu antara dua pasien dengan nama yang sama dan usia yang hampir sama pula.

Yordania Izinkan Israel-AS Gunakan Wilayah Udaranya untuk Tangkis Serangan Iran

Pejabat di Rumah Sakit Virtua Our Lady of Lourdes di Camden, New Jersey itu mengatakan, penerima organ berusia 51 tahun tersebut membutuhkan transplantasi ginjal dan menjalani operasi yang berjalan lancar.

Namun sehari setelah operasi, seorang anggota staf rumah sakit menemukan bahwa penerima transplantasi ginjal itu sebenarnya tidak berada dalam daftar prioritas utama. Hal itu diketahui berdasarkan daftar donor organ yang cocok.

Begini Penampakan Mengerikan Belut Besar yang Ditemukan Hidup di dalam Perut Seorang Pria

Reginald Blaber, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Klinis Virtua Health mengatakan insiden itu belum pernah terjadi sebelumnya dan tindakan telah diambil untuk memastikan kesalahan tersebut tidak terjadi lagi.

"Kesalahan ini sangat besar dan jarang terjadi. Verifikasi tambahan akan kami lakukan untuk mencegah kesalahan terjadi di waktu berikutnya," ujar Blaber dilansir Independent, Kamis 28 November 2019.

Waspada! Pneumothorax Seperti Dialami Winter aespa, Kenali Gejala dan Bahayanya

Sementara itu pasien yang seharusnya lebih dahulu menerima donor ginjal telah menerima permintaan maaf dari Direktur Medis dan Koordinator Transplantasi di rumah sakit tersebut. Pasien itu pada akhirnya diberikan ginjal baru beberapa hari setelahnya.
 

Tukul Arwana dan Putranya, Egha Prayudi

Tukul Arwana Masih Rutin Jalani Terapi, Anak Minta Doa

Ega Prayudi, putra dari komedian Tukul Arwana mengungkap kondisi terkini dari ayahnya tersebut. Saat dihubungi, Ega mengungkap bahwa saat ini kondisi Tukul sudah membaik.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024