Kemenhub dan Jasa Raharja Gelar Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

VIVA – Kementerian Perhubungan bersama dengan PT Jasa Raharja menggelar mudik gratis untuk liburan hari raya Natal dan Tahun Baru pada 2019/2020. Mudik gratis yang digelar menggunakan kendaraan bus.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumafi mengatakan, total bus yang disediakan secara gabungan itu sebanyak 55 unit. Dengan rincian, 35 bus dari Kementerian perhubungan dan 20 bus dari Jasa Raharja dengan kapasitas penumpang 2.475 orang.

"Dengan Jasa Raharja, kita adakan program mudik gratis. Armada 55 unit untuk ribuan penumpang," kata dia di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.

Meski begitu, dia menegaskan, program mudik gratis tersebut hanya disediakan untuk tujuan perjalanan ke kota-kota di Jawa Tengah. Sedangkan untuk perjalanan pemberangkatan hanya dari daerah Jakarta dan Bali.

"Berangkat dari Jakarta dan Denpasar menuju kota-kota di Jawa Tengah," ungkapnya.

Secara rinci, perjalanan dari Jakarta menuju Purwokerto disediakan lima bus dengan kapasitas 225 penumpang, begitu juga untuk perjalanan dari Jakarta ke Semarang. Sementata itu, perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta 10 bus dengan kapasitas 450.

Adapun untuk perjalanan dari Jakarta ke Solo, disediakan 20 bus dengan kapasitas 900 penumpang. Jakarta ke Boyolali tiga bus dengan kapasitas 135 penumpang. Serta Jakarta ke Malang disediakan dua bus dengan kapasitas 90 penumpang.