28 Januari 1986

Challenger Meledak, 7 Astronot Tewas

VIVAnews – Tepat 24 tahun yang lalu, pesawat ulang-alik Challenger milik NASA meledak saat dalam perjalanan menuju ruang angkasa. Menurut laman stasiun televisi BBC, tujuh orang astronot tewas seketika, termasuk satu orang perempuan yang diharapkan akan menjadi guru pertama yang pergi ke luar angkasa.

Curhat Jurnalis Asing Kala Bertugas di China

Dengan adanya bencana ini, jumlah astronot yang tewas sejak dimulainya program luar angkasa bertambah menjadi 14 orang.
Pesawat ulang-alik Challenger baru saja terbang selama satu menit saat terjadi ledakan. Akibat banyaknya pecahan pesawat, regu penolong harus menunggu selama satu jam sebelum melakukan evakuasi.

Penerbangan pada hari naas itu merupakan misi kedua puluh lima Challenger. Menurut jadwal NASA, penerbangan ini seharusnya dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 1986 namun ditunda akibat cuaca buruk.

Peran Jenderal Bintang 4 yang Diduga Terlibat Korupsi Timah Rp 271 Triliun

Tidak lama setelah bencana, Presiden AS Ronald Reagan memerintahkan dilakukan penyelidikan. Menurut hasil investigasi NASA yang diumumkan Mei 1986, ledakan terjadi akibat adanya kebocoran pada segel di salah satu roket pendorong Challenger. Akibat bencana ini, Amerika Serikat menunda seluruh misi ke luar angkasanya selama dua tahun.

Pendeta Gilbert Lumoindong

Kombes Wira Blak-blakan Kapan Panggil Pendeta Gilbert soal Kasus Penistaan Agama

Pendeta Gilbert sebelumnya sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dugaan penistaan agama.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024