RI Prioritaskan Pendidikan dan Ekonomi Digital di Pertemuan Sherpa G20

Delegasi Indonesia hadiri pertemuan G20 Sherpa Meeting di Arab Saudi
Sumber :
  • Ist

VIVA – Indonesia menekankan bahwa pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) – sesuai arahan Presiden Jokowi – menjadi salah satu kunci pendorong pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, sektor pendidikan perlu mendapat perhatian khusus dari negara-negara yang tergabung dalam Kelompok 20 (G20).

Mengembangkan Potensi Guru Melalui Platform Merdeka Mengajar

Lagipula hal ini sejalan dengan Presidensi Arab Saudi yang menempatkan isu pendidikan sebagai salah satu prioritas utama G20 dibawah keketuaannya. Demikian yang disampaikan delegasi Indonesia dalam pertemuan Sherpa G20 yang pertama, di bawah Presidensi Arab Saudi di Kota Riyadh selama 4-5 Desember 2019.

“Salah satu tantangan utama dalam memajukan SDM adalah memastikan tidak adanya educational divide (kesenjangan pendidikan) ditengah masyarakat, terutama antara penduduk kota dan desa, dan kawasan timur dan barat. Karena itu, kita perlu memanfaatkan teknologi untuk mengatasi kesenjangan akses terhadap ilmu pengetahuan ini”, ujar Sherpa G20 Indonesia yang juga Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerja Sama Ekonomi Internasional, Rizal Lukman, dalam pernyataan tertulis hari ini.

Pendidikan Inklusif: Menakar Pembaharuan Sistem Pendidikan di Indonesia

Terhadap kekhawatiran akan peluang teknologi menggantikan profesi guru, Rizal menyatakan bahwa “teknologi hanya alat dan tidak akan serta tidak boleh menggantikan peran guru.”  Isu pendidikan merupakan isu sentral bagi transformasi ekonomi Indonesia mengingat pengembangan SDM tidak dapat dilepaskan dari peran pendidikan.

Di era digitalisasi ini, Pemerintah harus mampu memanfaatkan kehadiran teknologi untuk menjadi sistem baru metode pembelajaran dan instrumen untuk mengatasi kesenjangan akses terhadap pendidikan. Meningkatkan kapasitas SDM melalui pendidikan juga memerlukan kolaborasi antara industri, lembaga pendidikan, dan pemerintah.

Merdeka Belajar dan Keterbaikan Masa Depan Bangsa

Selain itu, pada pertemuan kali ini Indonesia juga mendorong G20 untuk tingkatkan kerjasama yang lebih konkret di sektor ekonomi digital. Secara spesifik, Rizal meminta agar G20 dapat mendukung inisiatif IDEA Hub (Inclusive Digital Economy Accelerator) yang merupakan gagasan Indonesia di bawah Pokja Ekonomi Digital G20.

IDEA Hub sendiri merupakan platform digital yang memungkinkan negara dan pelaku ekonomi digital di G20 saling berbagi pengalaman dalam memanfaatkan teknologi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan mengatasi kesenjangan pendapatan.

Mengambil tema “Realizing Opportunities of the 21st Century for All” dengan fokus pada tiga pilar utama, yakni Empowering People (khususnya pemberdayaan perempuan dan pemuda), Safeguarding the Planet (termasuk melalui energi bersih dan berkelanjutan), dan Shaping New Frontiers (melalui pemanfaatan teknologi untuk pembangunan), Pemerintah Arab Saudi mengambil alih Presidensi G20 dari Pemerintah Jepang pada November 2019 dan akan menyelenggarakan KTT G20 pada tanggal 21-22 November 2020 di Riyadh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya