Jokowi Resmikan Tol Kunciran-Serpong

Jokowi resmikan tol Kunciran-Serpong
Sumber :
  • Arrijal/VIVAnews

VIVA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Tol Kunciran-Serpong hari ini, Jumat 6 Desember 2019. Itu menyusul, rampungnya konstruksi ruas tol tersebut yang terintegrasi dengan jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road atau JORR II.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Setelah diresmikan, Jokowi menuturkan, ruas tol itu langsung dioperasikan dan siap digunakan, terutama dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2019/2020. Adapun operatornya adalah PT Marga Trans Nusantara, konsorsium yang dibentuk oleh Grup Astra dan PT Jasa Marga Tbk 

"Pembangunan jalan Tol Kunciran-Serpong, sudah rampung dan segera bisa kita manfaatkan," kata Presiden di lokasi.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Dengan kehadiran tol itu, Jokowi berharap, roda perekonomian nantinya bisa bergerak lebih cepat, karena tol itu turut menghubungkan pusat industri di Banten dan Jakarta, sehingga distribusi barang bisa bergerak lebih cepat dan efektif.

"Banyak yang tanya saya, kenapa perlu bangun jalan tol ini, kita jawab, jalan tol ini akan percepat dan perlancar konektifitas Banten ke Jakarta," tegasnya.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Sebagai informasi, Tol JORR II sendiri terdiri dari enam ruas dan memiliki panjang keseluruhan 110,4 kilometer. Enam ruas itu yakni Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran 14,2 kilometer, Kunciran-Serpong 11,14 kilometer, Serpong-Cinere 10,1 kilometer, Cinere-Jagorawi 14,7 kilometer, Cimanggis-Cibitung 25,2 kilometer, dan Cibitung-Cilincing 34 kilometer.

Tol Kunciran-Serpong memiliki nilai investasi Rp4 triliun. Proses pembangunan tol tersebut juga terbilang lama, karena proses tender telah dilakukan sejak 2006-2007, meski mulai pembangunan pada 2017. Proses pembangunannya terhambat, karena terkendala pembebasan lahan. (asp)

Presiden terpilih Prabowo Subianto (Dok. Istimewa)

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto mengaku dirinya tengah fokus mempersiapkan diri jelang pelantikan pada Oktober mendatang.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024