Demo 100 Hari SBY-Boediono

Mahasiswa Ceburkan Foto SBY-Boediono ke Laut

VIVAnews - Aksi demonstrasi memperingati 100 hari kerja Kabinet SBY-Boediono juga dilakukan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Aksi demo di Makassar diwarnai dengan aksi tabur bunga di Anjungan Pantai Losari. Selain bunga yang dilarung ke laut, sekitar 500 mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Makassar (AMM) juga menceburkan foto SBY-Boediono ke laut.

Menurut Koordinator Aksi AMM, Ashari, tabur bunga dan buang foto SBY-Boediono dilakukan sebagai simbol gagalnya 100 hari pemerintahan.

"SBY-Boediono tidak berhasil membangun negeri ini," kata Ashari di Makassar, Kamis 28 Januari 2010.

Apa kegagalan SBY-Boediono menurut mahasiswa Makassar? Dalam pernyataan sikapnya, AMM Sulawesi Selatan menganggap SBY-Boediono tidak mampu melindungi kedaulatan dan ketahanan ekonomi nasional, tidak mampu memberantas hukum.

Lalu, tidak mampu memberantas korupsi, tidak mampu menyejahterakan dan melindungi rakyat, serta tidak mampu mencerdaskan kehidupan bangsa. Mahasiswa mendesak agar dilakukan reformasi total.

Selain itu, aksi di Makassar juga diwarnai penyanderaan trum pengangkut BBM dengan nomor polisi DD 9978 N. Truk berkapasitas 16 ribu liter itu dicegat di depan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar.

Truk lalu dibawa ke Monumen Mandala Makassar yang berjarak 4 kilometer. Selain untuk mengangkut mahasiswa, truk juga digunakan untuk berorasi.

Menurut supir truk tersebut, Tamrin, seharusnya pagi ini dia mengantarkan BBM jenis premium ke SPBU di Limbung. "Tapi justru dicegat mahasiswa," kata dia, Kamis 28 Januari 2010. 

Laporan: Rahmat Zeena| Makassar

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI
Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) mengadili kasus pelanggaran etik

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN

Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) menyatakan Hakim Konstitusi M. Guntur Hamzah tak terbukti melanggar kode etik dan perilaku hakim konstitusi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024