Kemenhub Prediksi 1,3 Juta Penumpang Kapal Saat Libur Nataru

Ilustrasi angkutan laut.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklaim pelayanan pada sektor transportasi laut sudah siap menyambut agenda libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020.

Kemenhub Berangkatkan 1.939 Orang dan 816 Motor Mudik Gratis Naik Kapal Laut

Direktur Jenderal Perhubungan Laut  Kemenhub, Agus Purnomo mengatakan, semua armada laut yang ada sudah diperiksa kelaikannya guna menghadapi agenda tersebut. Agus memprediksi jumlah penumpang yang menggunakan kapal tahun ini bakal naik dari tahun sebelumnya.

Tapi, kenaikan diprediksi tidak terlalu signifikan. Prediksi kenaikan diyakini hanya sebesar satu persen dari tahun 2018 lalu. Diperkirakan tahun ini ada 1,3 juta warga menggunakan kapal saat agenda Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Kemenhub Pantau Lonjakan Penumpang di Sorong-Papua saat Nataru, Ini Hasilnya

"Perkiraan tahun ini 1,3 juta penumpang, hampir sama dengan tahun lalu hanya naik sedikit sekitar 1 persen," ujarnya di Gedung Kementerian PUPR, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu 11 Desember 2019.

Bukan hanya kapal komersial, dia mengatakan kalau pihak Kemenhub pun memiliki skema armada tambahan. Di mana armada berasal dari kapal negara, semisal kapal TNI. Kerja sama dilakukan agar seluruh penumpang di pelabuhan bisa terangkut.

Amankan Penyelenggaraan Angkutan Laut pada Momen Nataru, Kemenhub Lakukan 7 Hal Ini

"Kapal cadangan negara ada dari kapal navigasi, patroli, dan mungkin nanti dari TNI dan sebagainya," katanya lagi.

Pertamina Patra Niaga dan Kilang Pertamina Internasional jalin kerja sama pemasaran bahan bakar bunker untuk kapal angkutan laut luar negeri.

Pertamina Patra Niaga Rambah Pasar Bahan Bakar Bunker Kapal Ocean Going

PT Pertamina Patra Niaga terus memperluas portofolio bisnisnya dan memanfaatkan peluang baru bisnis secara nasional maupun global.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2023