Runway 3 Bandara Soetta Siap Layani Penerbangan saat Libur Nataru

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin
Sumber :
  • Sherly/VIVAnews

VIVA – Runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta yang sudah dikerjakan sejak 2018, rencananya sudah bisa digunakan secara menyeluruh. Lintasan pesawat itu akan digunakan untuk mengurai kepadatan lalu lintas pesawat pada musim liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Terbang Pakai ATR Resmikan Bandara Pohuwato, Jokowi Minta Runway-nya Dipanjangin Lagi

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, runway tiga persiapan sedang dilakukan saat ini, untuk mengimplementasikan rencana tersebut. Sebab, saat ini baru sebagian runway yang digunakan. 

"Rencananya (Runway tiga) nanti, akan digunakan secara menyeluruh untuk Natal dan Tahun Baru ini. Mulainya itu di tanggal 20 Desember, tetapi kita tunggu dulu arahan dari menteri perhubungan," kata di Gedung VIP Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu malam, 11 Desember 2019.

Japan Airlines Estimates Losses of IDR 1,6 Trillion from Accident

Untuk saat ini, secara fisik runway tiga sudah tahap cleaning. Sebab, awalnya, direncanakan panjang runway 2.500 meter persegi, lalu ditambah 500 meter persegi menjadi 3.000 meter persegi. Makanya, ada pengerjaan tambahan.

"Itu semua sudah beres, tanggal 15 Desember itu sudah tidak boleh ada pengerjaan apa pun lagi. Jadi, diprediksi tanggal 19 atau 20 Desember itu sudah bisa digunakan. Hingga nantinya, bila runway tiga sudah bisa digunakan, maka pergerakan pesawat maksimal bisa mencapai 120 lebih," ujarnya.

Brand Fashion Lokal Indonesia Pentas di Runway Internasional

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyambut baik rencana tersebut. Menurutnya, dengan dioperasikannya runway tiga secara menyeluruh, kemudian east cross dan taxi way, maka pergerakan pesawat akan lebih dinamis, lebih cepat.

"Untuk pengaktifan ini, masih kita rundingkan dengan pak Presiden, karena kan harus diresmikan oleh beliau. Kita lihat dulu jadwalnya, kalau memungkinkan, tentunya bisa digunakan pada tanggal 20 Desember untuk menghadapi musim libur akhir tahun," ungkapnya. (asp)

Dokter sekaligus influencer, Qin Huilan tampil di ajang Paris Fashion Week.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Di usia yang tak muda lagi, Qin Huilan baru saja memulai debut di runway Paris Fashion Week. Qin Huilan berjalan di peragaan busana Miu Miu Fall/Winter 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024