Makanan Untuk Folikel Rambut

VIVAnews - Rambut yang kering dan kusam bukan hanya disebabkan paparan sinar matahari atau perawatan yang kurang maksimal. Tetapi juga disebabkan kurangnya nutrisi dari dalam. Hal penting yang perlu diketahui adalah makanan yang Anda konsumsi sangat berpengaruh pada kondisi rambut.

Jika selama ini kondisi rambut cenderung tidak sehat, kering, kusam dan rontok, bisa jadi akibat makanan yang Anda konsumsi kurang bernutrisi.

Folikel rambut dan kulit kepala, sama seperti jaringan tubuh lainnya sangat membutuhkan gizi yang cukup untuk pertumbuhan sehingga berfungsi dengan baik. Agar rambut sehat, ada dua sumber makanan yang harus Anda konsumsi secara teratur.

- Protein
Protein adalah salah sumber dan komponen penting untuk pertumbuhan sel-sel baru. Perbanyaklah konsumsi protein karena batang rambut terbuat dari protein yang disebut keratin. Selalu penuhi kebutuhan protein, agar keratin tetap sehat dan berfungsi secara maksimal.

Kondisi rambut yang rusak dan rontok bisa menjadi pertanda seseorang kekurangan asupan protein. Sumber protein antara lain susu, daging, ayam, kacang-kacangan, dan ikan.

- Vitamin B
Vitamin B sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme dan pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen ke semua sel dalam tubuh. Karena itu, vitamin B sangat penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan pembentuk rambut.

Perbanyak sayuran hijau, pisang, kentang untuk mendapatkan asupan vitamin B alami. Untuk vitamin B 12, Anda bisa mendapatkannya pada susu, ikan dan daging.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.(dok Pemprov Sumut)

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Kejuaraan North Sumatera Amateur Open (NSAO) 2024, kembali digelar oleh Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sumut. Peserta berasal dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina,

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024