Ignasius Jonan Digadang-gadang Jadi Dirut Pertamina, Apakah Cocok?

Mantan Menteri ESDM, Ignasius Jonan
Mantan Menteri ESDM, Ignasius Jonan
Sumber :
  • Facebook/Ignasius Jonan

VIVA – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM, Ignasius Jonan, digadang-gadang jadi Direktur Utama PT Pertamina. Lantas, bagaimana peluang Jonan memimpin Pertamina, apakah cocok dengan kapasitas dan kapabilitasnya? 

Mantan Anggota Komisi VII DPR RI, Mukhtar Tompo mengaku sepakat, jika Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Tim Penilai Akhir (TPA) memutuskan Jonan sebagai pimpinan Pertamina.

"Saya sangat sepakat, Pak Jokowi menempatkan Pak Jonan di Dirut Pertamina. Bukan dilihat, wah, masa turun kelas dari menteri ESDM, tapi harus dilihat secara objektif untuk memperbaiki tata kelola migas nasional," kata Mukhtar dihubungi VIVAnews, Selasa 17 Desember 2019. 

Menurut dia, ide besar Presiden Jokowi adalah untuk menegakkan kedaulatan negara dalam pengelolaan migas nasional. Untuk itu, dibutuhkan orang yang di level teknis.  

Saat bertugas di Komisi VII sejak 2014-2019, dia mengakui, sudah hampir tiga tahun beradaptasi dengan Ignasius Jonan yang menjabat sebagai Menteri ESDM. 

"Secara makro, Pak Jonan sudah membukakan keran itu. Pak Jonan sudah melakukan banyak langkah dalam penyelamatan pengelolaan migas nasional, energi kita," kata dia.

Sekarang, sambung dia, waktunya bagi Jonan untuk menindaklanjuti dengan cara mikro di PT Pertamina. Jika presiden Jokowi serius membenahi tata kelola migas nasional, menurutnya, Ignasius Jonan adalah orang yang cocok mengisi posisi direksi.