Kasus Bank Century

Sampoerna Serahkan Aliran Dana Century ke BPK



VIVAnews -
Pengusaha nasional Boedi Sampoerna melalui pengacaranya Eman Achmad hari ini (Kamis 28 Januari 2010) mendatangi kantor lembaga auditor negara Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) untuk melakukan klarifikasi fakta dan data terkait dengan kedudukannya sebagai nasabah terbesar dan Laporan Hasil Pemeriksaan Investigasi atas Kasus PT Bank Century Tbk.

Eman Achmad seusai menyampaikan klarifikasi atas nama kliennya tersebut mengatakan, kedatangan ke kantor BPK bukan untuk mempersoalkan hasil audit BPK. Tetapi semata-mata untuk menjelaskan dan memberikan data tambahan dan mengenai fakta yang diketahui dan dialami Boedi Sampoerna (BS) sebagai nasabah Bank Century.

“Tak ada maksud dari kami untuk mempersoalkan laporan BPK tersebut tetapi kedatangannya hanya untuk klarfikasi fakta dan data untuk lebih memperkaya data yang dimiliki oleh BPK dalam kasus ini," kata Eman dalam siaran pers yang diterima VIVAnews di Jakarta, Kamis malam, 28 Januari 2010. 

Menurut dia, klarifikasi ini dilakukan karena hasil audit BPK menjadi dasar bagi lembaga dan instansi terkait lainnya dalam menyeleasaikan masalah yang terkait dengan kasus Bank Century. "Dengan klarifikasi ini kami harapkan, BPK dan institusi lain mendapat tambahan data yang benar yang mungkin sangat berguna untuk membedah kasus ini lebih terang benderang, dan melihat siapa yang bersalah dan siapa yang menjadi korban,” kata Eman.

Data-data tersebut, menurut Eman, antara lain mengenai aliran dana BS sejak menjadi nasabah bank Pikko yang pada 2004 merger dengan Bank Danpac dan Bank CIC menjadi Bank Century sampai diambil alih LPS dan berganti nama menjadi Bank Mutiara.

“Data-data ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada BPK bagaimana sesungguhnya posisi BS sejak awal di Bank Century, baik dalam hal asal dana simpanannya maupun penarikan dana serta penggunaannya untuk apa," kata Eman.

Video Toyota Innova Seruduk Angkot Bikin Warganet Berdebat Tentukan Siapa yang Salah

Data data tersebut juga dapat sekaligus membantah tudingan sebagian kalangan bahwa sebagai nasabah terbesar BS mendapat perlakuan khusus dan keuntungan tertentu dari proses bailout Bank Century.

Fairuz A. Rafiq.

Fairuz A Rafiq dan Buah Hati Dilarikan ke RS Jelang Lebaran, Ada Apa?

 Kabar kurang menyenangkan datang dari keluarga Fairuz A Rafiq dan suami, Sonny Septian. Sehari sebelum lebaran, Fairuz dan sang buah hati, Eijaz dilarikan ke rumah sakit

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024