Ternyata Vladimir Putin Masih Pakai Windows XP Versi Jadul

Presiden Rusia, Vladimir Putin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Youtube

VIVA – Agen Rusia kerap dituduh melakukan operasi peretasan di berbagai negara di dunia. Namun pihak kantor kepresidenan Rusia nampaknya lupa memberi tahu Presiden Vladimir Putin tentang pentingnya keamanan siber.

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

Dalam sebuah foto yang dirilis bidang pers kepresidenan, Putin tampak menggunakan komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows XP seri lama di kantormya di Kremlin dan kediaman resminya Novo-Ogaryovo dekat Moskow. Nampak foto menara Kremlin dipasang sebagai latar belakang desktop di kedua komputer tersebut.

Microsoft telah menghentikan perilisan pembaruan keamanan reguler untuk Windows XP dan Office 2003 sejak April 2014. Namun diduga peraturan pemerintah Rusia telah mencegah Putin untuk memperbarui ke Microsoft 10 yang lebih baru.

Kena Veto Amerika Serikat, Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Usai Ajukan Resolusi

Perusahaan teknologi Amerika Serikat itu memperingatkan di situs webnya bahwa komputer yang menjalankan Windows XP rentan terhadap risiko keamanan dan virus sistem yang sudah ketinggalan zaman alias jadul itu.

Windows XP yang dirilis pada tahun 2001 adalah sistem operasi Microsoft terakhir yang diberi "lampu hijau" untuk digunakan sebagai komputer resmi pemerintah Rusia. Windows 10 yang terbaru hanya diperbolehkan untuk perangkat yang tidak berisi rahasia negara.

Deretan Negara yang Miliki Pesawat Canggih Anti-Nuklir di Dunia

Kepala Perlindungan Internet Independen Rusia, Mikhail Klimaryov telah mengkonfirmasi bahwa komputer Putin memang menggunakan Windows XP seperti yang terlihat dalam foto.

Saat ini, Moskow secara bertahap menghapus Microsoft dan Google pada penggunaan komputer pemerintah dan mendukung peranti lunak sistem operasi Astra Linux milik Rusia dan perambah domestik seperti Yandex.

Dmitry Peskov, juru bicara Kremlin tidak berkomentar ketika ditanya mengapa Putin terus menggunakan sistem operasi Microsoft kuno.

Dilansir dari The Guardian, Rusia saat ini semakin berupaya membangun kontrol atas teknologi internet. Kremlin baru-baru ini juga melarang penjualan ponsel pintar tanpa aplikasi buatan Rusia. Sementara Putin pada Februari menyetujui undang undang yang memberi Moskow kekuatan untuk memutuskan negaranya dari jejaring internet global.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya