Jokowi Minta Erick Thohir Hingga Ahok Percepat Proyek Kilang TPPI

Jokowi kunjungi kilang TPPI.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Presiden Joko Widodo meninjau kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kabupaten Tuban, pada Sabtu, 21 Desember 2019. 

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Kawasan TPPI akan dikembangkan menjadi industri petrokimia nasional yang menghasilkan beragam produk turunan petrokimia dan produk bahan bakar minyak.

"Ini adalah merupakan salah satu kilang yang terbesar di negara kita, yang dapat menghasilkan produk aromatik, baik para-xylene, ortho-xylene, bensin, toluene, heavy aromatic, dan juga penghasil BBM, premium, pertamax, elpiji, solar, kerosene, ini bisa untuk semuanya," kata Jokowi dalam siaran pers resminya.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Jokowi meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati, dan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama untuk segera menyelesaikan kilang itu. Presiden mengatakan, dia telah cukup lama menunggu penyelesaian kilang tersebut.

"Mintanya tadi 4 tahun, 3 tahun harus rampung semuanya. Entah itu dengan kerja sama, entah itu dengan kekuatan sendiri. Saya kira ada pilihan-pilihan yang bisa diputuskan segera," ungkapnya. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

“Saya minta nanti di bulan Januari sudah ada kejelasan mengenai ini karena ini saya tunggu sudah 5 tahun," tambah dia.

Kilang TPPI sudah dibangun sejak lebih dari dua dekade lalu, namun kemudian tersendat karena beberapa masalah. Setelah TPPI diakuisisi, Pertamina akan membangun TPPI menjadi pabrik petrokimia terpadu. 

Apabila telah berproduksi secara penuh, lanjut Presiden Jokowi, maka TPPI memiliki potensi yang bisa menghemat devisa hingga US$4,9 miliar atau sekitar Rp56 triliun.

"Besar sekali. Kurang lebih Rp56 triliun. Ini merupakan substitusi, karena setiap tahun kita impor, impor, impor. Padahal kita bisa buat sendiri, tapi tidak kita lakukan," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya