Menteri ESDM Pastikan Stok BBM Kebutuhan Natal dan Tahun Baru Cukup

Pertamina siapkan SPBU modular saat libur Natal dan Tahun Baru
Sumber :
  • Pertamina

VIVA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM, Arifin Tasrif memastikan, stok bahan bakar minyak atau BBM di sejumlah wilayah yang menjadi pusat perayaan hari raya Natal, seperti misalnya di Sumatera Utara, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Utara, tersedia dengan stok yang cukup memadai.

Stok di Atas 20 Hari, BPH Migas Jamin Pasokan BBM Saat Ramadan-Idul Fitri 2024 Aman

Dia mengaku pihaknya telah memprioritaskan wilayah-wilayah tersebut, agar bisa mendapat alokasi pasokan BBM yang lebih diprioritaskan dibanding wilayah lainnya.

"Jadi memang untuk daerah-daerah yang akan menjadi pusat perayaan Natal dan Tahun Baru, itu dialokasikan dengan diberikan prioritas untuk bisa dipenuhi," kata Arifin di kantor BPH Migas, kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin 23 Desember 2019.

Pertamina Jamin Stok BBM saat Lebaran 2024 Cukup, Tak Perlu Panic Buying

"Jadi sejauh ini sudah bisa dilihat bahwa antisipasi sudah dilakukan dengan benar," ujarnya.

Meski demikian, Arifin mengaku terdapat sejumlah daerah yang proses pengiriman BBM nya masih diproses. Hal itu lantaran masalah medan dan kesiapan logistik yang harus disediakan mengingat lokasinya yang cukup jauh dari pusat pengiriman.

Tutup Posko Nasional Sektor ESDM Nataru, BPH Migas: Stok BBM Aman

"Kalau daerah Merauke, karena memang masalah logistik saja. Dan ini diperkirakan bahwa pada tanggal 25 Desember nanti sudah akan sampai," ujar Arifin.

Secara menyeluruh, Arifin memastikan bahwa kecukupan stok BBM yang dimiliki pemerintah saat ini cukup memadai, dan mampu mengakomodir kebutuhan BBM di seluruh wilayah Indonesia pada musim Natal dan tahun baru kali ini.

"Lalu untuk yang kenaikan menjadi 58 persen itu kan memang data kenaikan, dan secara keseluruhan akumulatif stok itu memang sangat mencukupi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya