Topan Phanfone Terjang Filipina, Sedikitnya 16 Orang Tewas

Topan Phanfone terjang Filipina
Sumber :
  • Sumber BBC

VIVA – Sedikitnya 16 orang tewas akibat terjangan badai topan Phanfone di Filipina pada masa Natal tahun ini. Dilansir laman Metro, topan Phanfone menunjukkan kecepatan angin 120mph yang menerjang desa-desa terpencil hingga area turis.

Panas Ekstrem Hingga 45 Derajat Celcius, Filipina dan Bangladesh Tutup Ribuan Sekolah

Terjangan topan Phanfone meninggalkan kerusakan yang sangat besar. Ribuan orang terdampak dan sebagian mereka terlunta-lunta karena akses terputus dan putusnya jalur transportasi. Topan ini juga berdampak pada mereka yang pulang kampung pada saat Natal.

Sementara badai Ursula lebih awal sudah menerjang wilayah tersebut pada Selasa malam yang kemudian sedang menuju ke bagian tengah Filipina.

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Selain meluluhlantakkan rumah-rumah dan bangunan, topan juga menyebabkan terputusnya listrik khususnya di bagian timur wilayah Visayas.

Internet dan jaringan provider juga terputus koneksinya akibat kerusakan akibat topan Phanfone. Hingga saat ini otoritas Filipina masih terus menghitung besarnya kerugian akibat badai topan tersebut.

Lebih Rendah dari Vietnam dan Filipina, Ekonomi Indonesia Diramal IMF Tumbuh Cuma 5 Persen

Namun jumlah korban jiwa diprediksi masih akan terus bertambah.

Ilustrasi cuaca panas

Sekolah di Filipina Tutup Hingga 30 Orang di Thailand Meninggal Akibat Cuaca Panas Ekstrem

Negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan tengah menghadapi cuaca panas ekstrem. India pada awal pekan ini melaporkan suhu panas mencapai 42 derajat Celcius.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024