Gara-gara Foto Pangkalan Angkatan Laut AS, Pria Tiongkok Ditahan

Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Seorang pria berkewarganegaraan Tiongkok ditangkap hari Kamis pekan ini, saat mengambil foto di Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Florida Keys.

Omongan Jenderal Amerika Benar, Kapal Inggris Tenggelam Dihantam Rudal Houthi

Saksi mata melihat Liao Lyuyou sedang berjalan di sekitar pagar sekeliling pangkalan udara AL di Key West dan memasuki fasilitas militer lewat jalur bebatuan di sepanjang aliran air. Para saksi telah memperiingatkan Liao karena dia telah masuk tanpa izin di daerah terlarang, yang juga dikenal sebagai Truman Annex tersebut.

Ketika polisi militer AS melihat Liao mengambil foto dengan kamera ponselnya, mereka lalu menyita ponsel tersebut dan mengambil agen federal. Pria berusia 27 tahun itu lalu ditangkap dan didakwa karena masuk ke properti angkatan laut dengan tujuan memotret instalasi pertahanan.

Ngeri, Prajurit Angkatan Laut AS Palu Kepala Istri Sampai Mati

Saat diinterogasi oleh Naval Criminal Investigate Service, dalam bahasa Inggris yang terbata-bata Liao mengaku bahwa dia hanya berusaha mengambil foto matahari terbit. Namun agen menemukan foto-foto Annex Truman di kamera ponselnya.

Dilansir Straits Times, penangkapan Liao terjadi tak lama setelah seorang warga Tiongkok lainnya dituduh mengambil foto di pangkalan udara AL di Key West. Pada September 2018, polisi Key West menangkap Zhao Qianli di pangkalan.

Saat Prajurit Kopaska TNI dan US Navy Siaga Hadapi Perang Ranjau

Zhao mengatakan kepada otoritas federal bahwa dia adalah seorang siswa musik yang tersesat di jalur wisata. Namun para penyelidik menemukan foto-foto di ponsel dan kamera digital Qianli dari gedung-gedung pemerintah serta antena milik Kementerian Pertahanan.

Qianli dijatuhi hukuman satu tahun penjara setelah mengaku bersalah pada Februari tahun ini, atas satu tuduhan memotret instalasi pertahanan. (ren)

VIVA Militer: Drone General Atomics MQ-9 Reaper militer Amerika Serikat

Salah Sasaran, Kapal Perang Jerman Berondong Drone Mata-mata Amerika

Kapal perang Jerman ikut memerangi Houthi.

img_title
VIVA.co.id
29 Februari 2024