Logo BBC

Ratusan Ribu Warga Teken Petisi Tolak Pesta Kembang Api Akbar Sydney

Sydney`s New Year fireworks - pictured here in 2018 - generate millions for the economy - Getty Images
Sydney`s New Year fireworks - pictured here in 2018 - generate millions for the economy - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Lebih dari seperempat juta orang telah menandatangani petisi yang menuntut pembatalan pesta kembang api untuk menyambut tahun baru yang rutin diselenggarakan di Sydney, New South Wales, Australia, dan menganjurkan realokasi dana untuk upaya pemadaman kebakaran lahan dan hutan yang mengancam kota tersebut.

Petisi tersebut menyebutkan, setidaknya A$5,8 juta atau lebih dari Rp56 miliar dihabiskan untuk menyelenggarakan pesta kembang api di Sydney tahun lalu.

Pemandangan dari pesta kembang api juga disebut "dapat menimbulkan trauma bagi sebagian orang" yang telah menghirup cukup asap akibat kebakaran hutan yang tengah berlangsung.

Namun, Wali Kota Sydney Clover Moore mengatakan pesta kembang api akan tetap dilaksanakan.

Moore mengungkapkan simpati yang terdalam bagi penanda tangan petisi tapi menyebut pesta kembang api telah direncanakan 15 bulan sebelumnya dan dana yang dialokasikan sudah terlanjur digunakan.

"Kami tidak dapat membatalkan pesta kembang api, dan kalau pun kami bisa, pembatalan tersebut hanya akan menimbulkan dampak yang kecil," kata Moore di laman petisi.

Warga Australia yang menandatangani petisi melalui Change.org mengatakan bahwa pesta kembang api akan tampak seperti "penghinaan".