Penutupan Bursa 2019, IHSG Melemah 29 Poin ke Level 6.299

Penutupan Perdagangan Bursa Saham di BEI tahun 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah di level 6.299, pada penutupan perdagangan 2019, Senin 30 Desember 2019. Posisi itu melemah 29 poin atau 0,47 persen, dibanding penutupan perdagangan, Jumat 27 Desember 2019 di level 6.329.

Buka Perdagangan BEI, Ma'ruf Amin: Ekonomi 2024 Masih Menunjukkan Tanda-tanda Optimisme

Acara seremoni penutupan perdagangan ini akhirnya dilakukan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, demi menggantikan Presiden Jokowi yang semula dijadwalkan akan melakukan penutupan perdagangan IHSG di hari terakhir ini.

"Apresiasi saya terhadap kinerja BEI, seluruh SRO, anggota bursa, emiten, dan lembaga penunjang pasar modal, serta pelaku pasar modal atas kerja kerasnya di tahun ini," kata Sri Mulyani di Gedung BEI, Jakarta, Senin 30 Desember 2019.

Holding BUMN Jasa Survei Dukung Bursa Karbon di Indonesia, Ini Perannya

Pada pidato sebelum seremoni penutupan perdagangan, Sri Mulyani sempat berharap jika kehadirannya ini bisa membawa sedikit sentimen positif, agar setidaknya IHSG bisa ditutup menguat.

Namun, hal itu nyatanya tak terjadi, karena IHSG justru ditutup memerah di level 6.329. Hal itu terjadi karena perdagangan sejak pagi pun terpantau terus berada di zona merah.

Potensi Bursa Karbon RI Capai Rp 3.000 Triliun, IDSurvey Siap Maksimalkan

Meski ditutup melemah, namun jika dilihat dari perdagangan di awal 2019, level 6.329 itu tercatat naik sekitar 1,7 persen secara year-to-date (ytd). 

Diketahui, dalam acara penutupan perdagangan IHSG untuk tahun ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani turut didampingi oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida, serta seluruh direksi PT BEI, PT KSEI dan PT KPEI. 
 

Gedung IDX, Indonesia Stock Exchange (Bursa Efek Indonesia)

BEI Setujui Bentoel Hengkang dari Pasar Modal Indonesia

PT Bursa Efek indonesia (BEI) mengumumkan PT Bentoel Internasional Investama Tbk (RMBA) resmi hengkang dari pasar modal Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2024