Resmikan Bendung Kamijoro, Jokowi Harap Perkuat Ketahanan Pangan Yogya

Presiden Joko Widodo resmikan Bendung Kamijoro di Yogyakarta.
Sumber :
  • Cahyo Edi/VIVAnews.

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendung Kamijoro yang berada di Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa, 31 Desember 2019. 

Jokowi: Indonesia Bisa Produksi 1,6 Juta Motor Listrik, tapi Baru 100 Ribu Unit

Didampingi Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, Bendung Kamijoro yang dibangun sejak tahun 2016 ini akhirnya diresmikan.

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan pembangunan Bendung Kamijoro sudah selesai. Jokowi berharap agar adanya bendung ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Jokowi Beri Sinyal Kelanjutan Insentif Mobil Hybrid

Jokowi menerangkan, Bendung Kamijoro ini memiliki peran strategis untuk ketahanan pangan dan pertanian di wilayah DIY. Khususnya memberikan ketersediaan air bagi pertanian.

"Bendung Kamijoro ini sangat penting perannya untuk mendukung ketahanan pangan. Karena memberikan kepastian, memberikan ketersediaan air secara berkesinambungan untuk mendukung aktivitas pertanian masyarakat," ujar Jokowi.

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

Jokowi menjelaskan, Bendung Kamijoro juga memberi manfaat irigasi seluas 2.370 hektare lahan pertanian di Kabupaten Bantul. Selain itu juga bermanfaat meningkatkan intensitas tanam dari 205 persen menjadi 270 persen.

"Bendung Kamijoro ini juga sangat bermanfaat untuk persediaan air baku. Baik untuk Bandara Internasional Yogyakarta juga untuk Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, dan juga nantinya sampai ke Kota Yogyakarta," urai Jokowi.

Jokowi menaruh perhatian pada lintas atau jembatan Bendung Kamijoro. Jembatan itu dinilai sangat indah dan bisa dimanfaatkan untuk wisata.

"Ada taman bermain, ada plaza terbuka, dan saya tahu ini sudah menjadi tempat tujuan wisata. Ada jembatan yang bagus yang menghubungkan Kabupaten Bantul dan Kulon Progo. Ini juga bisa irit waktu, bisa lebih cepat karena memotong jarak kurang lebih 5 kilometer," tutur Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya