Tahun 2020 Pertumbuhan Ekonomi Negara Berkembang Suram, Indonesia?

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bergandengan tangan dengan kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara ASEAN saat upacara pembukaan KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Thailand, Minggu (3/11/2019).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Sejak Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ke-35 ASEAN di Bangkok November 2019, para pemimpin global sudah merasakan kekhawatiran masalah ekonomi global.

BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 1,36 Triliun

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi pun merasakan hal serupa, ketika beberapa lembaga internasional merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia.

"Dari semua pembicaraan, maka satu kesimpulan tampak sekali kekhawatiran para pemimpin dunia mengenai situasi dunia saat ini, baik dari aspek politik dan ekonomi," ujar Retno di depan para pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Kadin, Jakarta, Selasa 19 November 2019.

Menko Airlangga Bertemu Menteri Singapura Bahas KEK hingga Kerja Sama Ketenagakerjaan

Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga diperkirakan akan terus mengalami perlambatan, yakni mencapai kisaran 4,9-5,1 persen pada 2020. Lalu, adakah upaya pemerintah Indonesia mengatasi masalah krisis ekonomi global ini?

(Kiri) Kepala Biro Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta Mochamad Abbas

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Kepala Biro Perekonomian dan Keuangan Setda Pemprov DKI Jakarta Mochamad Abbas mengatakan, wilayah Jakarta cukup memiliki peran strategis terhadap perekonomian nasional.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024