Logo BBC

Gunung Taal Filipina Meletus, KBRI Manila Beri Bantuan WNI di Cavite

Petir menyambar selagi asap mengepul dari Gunung Taal, pada Minggu (12/01), dilihat dari Kota Tagaytay, Provinsi Cavite, Filipina. - Getty Images
Petir menyambar selagi asap mengepul dari Gunung Taal, pada Minggu (12/01), dilihat dari Kota Tagaytay, Provinsi Cavite, Filipina. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Kementerian Luar Negeri siap mengevakuasi para warga negara Indonesia di wilayah Cavite, Filipina, setelah Gunung Taal meletus pada Minggu (12/01), pukul 17.30 waktu setempat.

Sebagaimana dipaparkan Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI, Judha Nugraha, terdapat 170 WNI yang bertempat tinggal di wilayah Cavite, mayoritas adalah mahasiswa.

"Tim Perlindungan KBRI Manila pagi ini (13/01) telah berada di wilayah Cavite untuk memantau situasi, berkoordinasi dengan otoritas setempat dan memberikan bantuan kepada para WNI. Jika diperlukan, tim akan mengevakuasi para WNI ke KBRI Manila," kata Judha, seraya menambahkan gunung tersebut berjarak sekitar 82 kilometer dari Manila.

Menurutnya, KBRI Manila telah menyampaikan imbauan agar masyarakat Indonesia di wilayah terdampak meningkatkan kewaspadaan serta mengikuti arahan otoritas setempat.


Debu vulkanis berjatuhan di Kota Tagaytay saat Gunung Taal meletus, pada Minggu (12/01). - EPA

Gunung Taal tampak mengepulkan abu raksasa setinggi sekitar satu kilometer ke udara. Suara deruman dan guncangan juga dilaporkan dari kawasan di sekitar gunung berapi paling aktif kedua di Filipina tersebut.

Hal ini mendorong aparat setempat mengevakuasi sebanyak 8.000 penduduk yang bermukim di sekitar gunung serta meningkatkan tingkat kewaspadaan. Erupsi berbahaya menurut Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina, diperkirakan mungkin terjadi dalam beberapa pekan mendatang.