Logo ABC

Kebakaran Hutan Australia Bukan Ulah Warga, Lantas Apa Penyebabnya

Helikopter dilibatkan untuk memadamkan kebakaran lahan di kawasan East Gippsland di negara bagian Victoria.
Helikopter dilibatkan untuk memadamkan kebakaran lahan di kawasan East Gippsland di negara bagian Victoria.
Sumber :
  • abc

Selama beberapa pekan terakhir, Australia dilanda kebakaran hutan yang parah, dengan sejumlah media melaporkan ada kebakaran yang sengaja dilakukan oleh warga yang iseng.

Berita ini memperkuat dugaan bahwa manusia-lah yang menjadi penyebab kebakaran semak, bukan karena sebab lain.

Penyebab kebakaran yang tidak akurat ini merupakan bagian dari informasi keliru yang beredar di media sosial mengenai kebakaran di Australia.

Namun menurut penyelidikan yang dilakukan oleh ABC, hanya satu persen lahan di negara bagian New South Wales yang disebabkan oleh kesengajaan warga, bahkan di negara bagian Victoria angka itu lebih rendah dari satu persen.

Kebakaran yang disengaja dilakukan oleh warga, istilahnya firebugs, sebenarnya juga menjadi ancaman serius, meski angkanya sangat rendah.

Inspektur Ben Shepherd dari Dinas Pemadam Kebakaran NSW (RFS) mengatakan pada umumnya api kebakaran hutan berasal dari sambaran petir.

"Kita dengan yakin bisa mengatakan sebagian besar kebakaran yang ditangani adalah akibat api yang berasal dari kawasan terpencil akibat sambaran petir," katanya.

Di Victoria, dari 1,2 juta lahan yang terbakar, hanya 385 hektare atau 0.03 persen disebabkan karena hal yang mencurigakan.