Stabilitas Ekonomi Terjaga Bikin IHSG Terus Menghijau

Pergerakan IHSG beberapa waktu lalu saat di kisaran 6.200-an (foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menghijau di level 6.308 pada pembukaan perdagangan Selasa 14 Januari 2020. Posisi itu menguat 12 poin atau 0,20 persen, dibanding penutupan perdagangan Senin 13 Januari 2020 di level 6.296.

Waspadai Dampak Ekonomi Politik atas Serangan Iran ke Israel

Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji menjelaskan, secara garis besar, para pelaku pasar terlihat mengapresiasi terkait dengan adanya sejumlah peran pemerintah dalam geliat perekonomian nasional.

"Khususnya dalam menjaga tingkat stabilitas fundamental makro ekonomi domestik, yang inklusif dan berkesinambungan," kata Nafan saat dihubungi VIVAnews, Selasa 14 Januari 2020.

7 Negara Ekonomi Terbesar di Dunia Tahun 2050, Peringkat Indonesia Gak Main-main!

Di sisi lain, Nafan menilai bahwa para pelaku pasar global juga mengapresiasi kondisi geopolitik yang mulai kondusif. Khususnya terkait dinamika politik dan keamanan di kawasan Timur Tengah yang saat ini masih terkendali.

"Serta dalam rangka menyambut kesepakatan perdagangan fase satu yang akan disahkan oleh Amerika Serikat beserta Tiongkok pada 15 Januari 2020," ujar Nafan.

BI Sebut Perlambatan Ekonomi 2024 Dipengaruhi Negara-negara Eropa dan China

Secara teknikal, memprediksi bahwa support pertama maupun kedua memiliki range pada 6.239,00 hingga 6.218,13. Sementara itu, resistance pertama maupun kedua memiliki range pada 6.336,92 hingga 6.348,31.

Berdasarkan indikator, MACD telah membentuk pola dead cross di area positif. Meskipun demikian, Stochastic dan RSI mulai menunjukkan sinyal positif.

"Masih terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG, sehingga berpeluang menuju ke area resistance," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya