Logo DW

Tentara AS Korban Rudal Iran Dibawa ke Jerman

picture-alliance/AP Photo/M. Probst
picture-alliance/AP Photo/M. Probst
Sumber :
  • dw

Militer AS akhirnya mengakui ada serdadunya yang cedera dalam serangan rudal Iran ke pangkalan militer di Irak. Mereka diterbangkan ke rumah sakit militer paling modern di Jerman.

"Pada saat ini, ada delapan serdadu yang dibawa ke Landstuhl", kata Bill Urban, juru bicara Komando Pusat AS di Irak dalam sebuah pernyataan yang dirilis hari Jumat (17/1). Rumah Sakit Militer AS di Landstuhl, Jerman, adalah rumah sakit militer AS yang paling modern yang ada di luar negeri.

"Tidak ada anggota militer AS yang terbunuh di Iran pada serangan 8 Januari di pangkalan udara Al Asad, tetapi beberapa harus dirawat karena gegar otak akibat dari ledakan, dan mereka masih dirawat", kata Bill Urban dalam pernyataan itu.

"Prosedur standarnya, semua personel di sekitar ledakan diperiksa untuk cedera otak atau gejala traumatis, dan jika dianggap tepat akan dikirim ke tingkat perawatan yang lebih tinggi."

Menurut keterangan militer AS, sedikitnya 11 serdadu cedera dalam serangan ke pangkalan militer Al Asad di Irak dan sebuah pangkalan militer lain di Erbil, yang terletak di kawasan Kurdi di Irak utara.

Iran menembakkan puluhan rudal balistik ke dua pangkalan yang digunakan oleh militer AS di Irak sebagai balasan atas pembunuhan komandan pasukan elit Garda Revolusi Iran, Qassem Soleimani dekat bandara internasional Baghdad, 3 Januari lalu.

Pusat komando dan rumah sakit militer paling modern