Logo ABC

Nina Murid di Gresik Kirim Surat Ke PM Australia agar Tak Kirim Sampah

Nina yang baru berusia 12 tahun sudah pernah menulis surat juga kepada Presiden Donald Trump soal sampah dan lingkungan.
Nina yang baru berusia 12 tahun sudah pernah menulis surat juga kepada Presiden Donald Trump soal sampah dan lingkungan.
Sumber :
  • abc

Aeshninna Azzahra, akrab dipanggil Nina, menulis surat kepada Perdana Menteri Australia, Scott Morrison yang ia berikan lewat kantor Kedutaan Australia di Jakarta, Selasa kemarin (21/01).

Remaja berusia 12 tahun dari Gresik, Jawa Timur tersebut mengatakan ia menulis surat agar Australia berhenti mengirimkan sampah plastik ke Indonesia.

Nina melihat banyak sampah yang menggunung dari negara-negara maju di Desa Bangun, yang tak jauh dari tempat tinggalnya.

"Australia paling banyak kedua, setelah Amerika Serikat, saya lihat sendiri ada tulisannya Made in Australia," kata Nina saat dihubungi Erwin Renaldi dari ABC di Melbourne.

Dalam surat kepada PM Morrison, Nina menulis bagaimana sampah-sampah dari Australia telah berdampak tidak hanya bagi lingkungan tapi juga kesehatan warga.

A smiling girl wearing hijab and holding a letter stands in front of a sign saying Australian Embassy in English and Bahasa. Dengan ditemani orang tuanya, Nina mengunjungi langsung kantor Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

Foto: Koleksi pribadi