Tips Singkat bagi Pemula yang Kesulitan Memulai Usaha

Ilustrasi pengusaha sukses.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Praktisi penjualan, Dewa Eka Prayoga menyebut seringkali para pengusaha, khususnya pengusaha pemula kesulitan untuk memasarkan produk mereka. Selain belum dikenal, mereka tidak mempunyai anggaran pemasaran, apalagi untuk memakai jasa influencer atau seseorang yang bisa memberikan pengaruh di masyarakat.

Mengoptimalkan Bisnis di Era Digital: Solusi Komprehensif dari Metrotwin.com

Menurut Dewa, setiap orang sebetulnya bisa menjadi influencer bagi produknya sendiri. “Tidak semua pengusaha punya cukup anggaran untuk membayar influencer atau bintang iklan. Pilihan alternatif adalah dengan menjadi influencer bagi produknya sendiri, dan ini memerlukan perencanaan, keberanian dan ide kreatif,” kata Dewa dikutip dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 23 Januari 2020.

Secara rinci dia mengaku punya pelatihan khusus terkait Personal Branding bertajuk 'Amazing Personal Branding, Jadilah Influencer untuk produk sendiri' yang akan digelar di Bandung. Menurutnya, membangun brand yang mudah dan menguntungkan setiap orang perlu mengetahui teknis personal brand yang kuat dan mampu berinteraksi dengan konsumen. 

Mendag Bertemu CEO YouTube, Ini yang Dibahas

Dia melanjutkan persoalan personal branding ini jarang sekali dibahas di Indonesia. Ini penting, imbuh dia, karena beberapa waktu lalu Nadiem Makarim sempat frustasi dengan kurang dikenalnya Indonesia di luar negeri.

Amazing Personal Branding yang akan dia sampaikan nanti akan dikombinasikan antara fundamental ilmu brand dengan praktek langsung strategi branding, baik personal brand si pemilik usaha, produknya atau pun bisa sekaligus branding keduanya. "Seperti Elon Musk dan Tesla, Richard Branson dengan Virgin-nya," kata dia. 

Ini Alasan UMKM Perlu Tingkatkan Branding

Dia berharap melalui pelatihan yang nanti dilakukan bisa menjadi sarana gotong royong untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. "Cocok untuk pemilik bisnis, UMKM, selebgram, youtuber, reseller, internet marketer, ibu rumah tangga, ASN, swasta, pekerja kreatif dan siapa pun yang ingin terlihat berbeda di mata publik,” katanya.

Ilustrasi brand atau produk.

Genjot Kinerja Bisnis, UMKM Kadang Lupa Lakukan Hal Ini

UMKM diingatkan harus memiliki karakter tersendiri agar menjadi suatu pembeda dari produk ada di pasaran.

img_title
VIVA.co.id
25 Desember 2023