Bisnis Kebugaran RI Diramal Naik Kelas, Startup Ini Genjot Layanan

Gym.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Potensi pendapatan industri gym dan fitness mencapai di Indonesia diperkirakan akan mencapai US$8,7 miliar pada 2030. Saat ini, Indonesia masih berada di posisi tier 3 dalam industri kebugaran dan fitness dunia dengan peningkatan penetrasi pasar hanya berkisar 0,12 persen per tahun. 

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Dengan penetrasi pasar yang masih kecil tersebut, Chief Executive Officer Doogether, Fauzan Gani, optimistis pasar industri gym dan fitness ini akan naik ke tier 2 pada 2030. Apalagi, pasar makanan sehat Indonesia juga terus meningkat dari 2013 yang hanya sebesar US$6 juta mencapai US$9,1 juta pada 2018. 

"Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mulai sadar akan pentingnya gaya hidup sehat," ujar Fauzan Gani dikutip dari keterangan resminya, Sabtu 25 Januari 2020 

5 Hal Ini Bisa Buat Hidup Kamu Lebih Sehat

Guna mencapai target tersebut, Fauzan menambahkan, pihaknya tengah menjalankan beberapa program yang bertujuan untuk menjangkau dan meningkatkan kualitas gaya hidup sehat masyarakat Indonesia. Saat ini, Doogether memiliki dua produk utama yaitu DOOFIT dan DOOFOOD. 

DOOFIT yang merupakan layanan pemesanan kelas olah raga melalui aplikasi ini telah menggandeng lebih dari 200 pusat kebugaran di Jabodetabek, Bandung, dan Bali. Dengan lebih dari 20.000 kelas olah raga mencakup yoga, boxing, bersepeda, pilates, barre, lari, latihan kekuatan, tarian, hingga olah raga rekreasional seperti wall climbing, ice skating, dan lain sebagainya di akhir 2019. 

Hilangkan Rasa Terindimasi, Warga Bali Nge-Gym Bareng di Rooftop Mall

"Beragam jenis olah raga ini diharapkan bisa memfasilitasi preferensi olahraga masyarakat Indonesia dan mendorongnya untuk tetap sehat dengan cara yang mereka sukai," ungkapnya. 

Di sisi lain, Doogether juga mengembangkan fitur DOOFOOD yang merupakan layanan marketplace katering sehat. Layanan ini membantu masyarakat dalam memilih serta berlangganan beragam makanan dan minuman sehat melalui aplikasi Doogether. 

"Sejak diresmikan pada 21 Agustus 2019, DOOFOOD telah menggandeng lebih dari 35 merchant makanan dan minuman sehat ternama di Jabodetabek untuk memberikan alternatif baru bagi masyarakat Indonesia untuk memulai hidup sehatnya melalui pengaturan asupan nutrisi," ungkapnya. 

Doogether juga telah bekerja sama dengan Gojek melakukan ekspansi ke lini pelayanan pemesanan tempat olah raga dengan nama GoFitness. Fauzan yakin, teknologi memiliki peran besar dalam memudahkan kehidupan masyarakat. 

"GoFitness ini merupakan salah satu perwujudan partisipasi aktif perusahaan untuk meningkatkan perkembangan industri olahraga dan kebugaran di Indonesia," jelas Fauzan.

Fauzan optimistis peningkatan pasar gym dan fitness akan terus meningkat pada 2030 seiring dengan adanya bonus demografi. Hal ini juga didorong dengan kesadaran milenial yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya tentang pola hidup sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya