Logo ABC

Hebat, Australia Day Jadi Ajang Promosi Budaya Indonesia

Komunitas Indonesia di Melbourne mengenakan pakaian daerah dari 10 provinsi 10 New Bali" untuk meramaikan Hari Australia."
Komunitas Indonesia di Melbourne mengenakan pakaian daerah dari 10 provinsi 10 New Bali" untuk meramaikan Hari Australia."
Sumber :
  • abc

Meski perayaannya menuai protes, Australia Day sebagai hari nasional telah dijadikan ajang untuk mempromosikan budaya para pendatang, termasuk dari Indonesia.

Komunitas Indonesia Rayakan Hari Australia

  • Pawai "Australia Day" jadi kesempatan pendatang untuk promosikan budaya asal
  • Komunitas Indonesia mencoba memperkenalkan "10 New Bali" lewat pakaian adat
  • Banyak warga Australia meminta perayaan "Australia Day" dihapuskan

Sejumlah warga Indonesia mengaku bangga dan gembira karena mereka memiliki kesempatan berpartisipasi dalam pawai memperingati "Australia Day" di Melbourne, Minggu pagi (26/01).

Parade "Australia Day" digelar setiap tahun dan menjadi kesempatan bagi komunitas pendatang untuk memperkenalkan kebudayaan mereka melalui busana, tari-tarian serta lagu daerah.

Dengan ditonton ribuan warga dan turis di Melbourne, Indonesia menampilkan baju adat dari beberapa provinsi yang kali ini sedang dipromosikan wisatanya, dikenal dengan sebutan "10 New Bali".

Salah satu peserta pawai adalah I Ketut Sri Handayani, akrab dipanggil Nindie, yang mengenakan pakaian adat Papua meski ia berasal dari Bali.