Gadeng Gopay, Donasi WWF Hingga Bayar Zakat Kini Bisa Pakai QR Code

Ilustrasi Gopay.
Sumber :

VIVA – World Wild Fund atau WWF Indonesia gandeng Gopay mengimplementasikan standar nasional Quick Response Code alias QRIS dari Bank Indonesia (BI). Donasi yang akan dilakukan para donatur bakal lebih mudah. 

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Head Of Market Development Unit-Partnership Directorate WWF Indonesia, Intan M Sukarna mengatakan, QRIS di lembaga tersebut kini sudah bisa digunakan untuk beraktivitas.

Dia mengungkapkan, Ketika BI mulai mengumumkan QRIS sebagai akses pembayaran digital berbasis QR akan segera diberlakukan, tim Gopay dari Gojek memang langsung melakukan komunikasi. Kerja sama pun akhirnya dilakukan. 

Dikecam Gegara Olok-olok Salat dan Zakat, Ini Penjelasan Pendeta Gilbert

”Metode pembayaran ini jelas sangat membantu,” ujar Intan dikutip dari keterangannya, Minggu 26 Januari 2020. 

Dia menerangkan, salah satu keunggulan kerja sama ini yang langsung dirasakan adalah pihaknya tidak lagi harus membuat QR satu per satu dari masing-masing platform serupa Gopay. Cukup dengan satu kode dari QRIS saja. 

Sosok Pendeta Gilbert yang Dikecam Gegara Singgung Soal Salat dan Zakat

”Sekarang cukup satu saja. Eggak bikin ribet dalam membuat media promosi atau materi komunikasi,” tegasnya. 

Lebih lanjut dia mengungkapkan, di WWF Indonesia, metode pembayaran digital seperti dari Gopay terutama digunakan untuk donasi. Dana terkumpul digunakan untuk berbagai keperluan konservasi seperti untuk penyelamatan satwa liar yang semakin langka.

Hal serupa juga diungkapkan Bendahara Unit Pengumpul Zakat masjid raya Baiturrahman di jalan Pandanaran, Semarang, Ahmad Setiawan. Pria akrab disapa Wawan itu menyebut pembayaran melalui QRIS sudah bisa dijalankan.

”Gojek (Gopay) sudah memfasilitasi untuk proses pembayaran melalui QRIS. Bahkan, sudah kami terapkan langsung,” ucapnya.

Saat ini, kata Wawan, jemaah yang beribadah di masjid raya Baiturrahman bisa bersedekah dengan dana yang tersimpan di berbagai platform pembayaran digital. 

”Kami cepat menerapkan ini karena Gojek memang sudah mengabarkan sebelumnya aka nada QRIS,” paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya