Logo BBC

Gajah Kesakitan Disiksa, Kuil di Sri Lanka Dilaporkan ke Polisi

- RARE
- RARE
Sumber :
  • bbc

Para pemuka agama dan pecinta binatang melaporkan satu kuil terkenal di Sri Lanka ke polisi setelah beredar foto-foto dan video yang menunjukkan seekor gajah "disiksa dan meraung kesakitan" di media sosial.

Gajah berusia 15 tahun yang dinamakan Myan Prince, difilmkan tengah tergeletak di kolam sementara penjaganya terus memukulnya. Kaki gajah itu dirantai di dua pohon yang terletak tak jauh dari kolam.

Pemuka agama Buddha setempat termasuk Pahiyangala Ananda Sagara Thera, mengatakan menyiksa binatang bertentangan dengan ajaran agama.

"Penyiksaan terhadap binatang adalah suatu kekejaman. Mereka menggunakan kekerasaan untuk menjinakkan binatang," kata Pahiyangala Ananda yang juga seorang pegiat hak binatang.

"Ini bukanlah Buddhisme yang sebenarnya. Tindakan seperti inilah yang menghancurkan Buddhisme. Karena itulah harus ditentang," tegasnya.

Dia mengatakan jelas bahwa gajah Myan Prince, disiksa. Masyarakat tidak dapat menerima tindakan itu, katanya kepada BBC.

Rekaman video dan foto Myan Prince yang beredar menunjukkan gajah itu terbaring di kubangan air, menjerit kesakitan saat dipukuli tongkat sementara bagian depan dan belakang tubuhnya diikat.