Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Sudah 40 Persen

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Pengerjaan pembangunan sirkuit MotoGP Indonesia atau Indonesia GP di The Mandalika, Nusa Tenggara Barat, progresnya masih terus berjalan.

Insiden Marc Marquez di MotoGP Portugal 2024, Federal Oil Buka Suara

"Progresnya sudah 40 persen," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan di kantornya, Jakarta Pusat, 29 Januari 2020.

Berdasarkan laporan dari PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), kata Luhut, persiapan pembangunan lokasi sirkuit Moto GP di Mandalika progresnya cukup memuaskan.

Jorge Martin Wins the 2024 Portugese MotoGP

"Jadi, sekarang ini masih ada waktu satu tahun setengah persiapan sangat bagus. Dan, memang ini yang pertama di dunia di pinggir pantai Moto GP," katanya.

Untuk itu, ia mendorong dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika atau The Mandalika. Sehingga, bisa menumbuhkan ekonomi di sekitar sirkuit tersebut. 

MotoGP Portugal 2024: Sang Juara Dunia Tabrakan dengan Marc Marquez, Jorge Matin Berjaya

"Oktober tahun ini akan selesai jadi satu (tahun) sebelum Moto GP (digelar)," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer mengatakan, saat ini, pengerjaan ground work atau penggalian tanah kurang lebih satu meter di lokasi sirkuit itu sedang dilakukan. Hal ini bertujuan, agar nantinya proses penyerapan air hujan berjalan dengan baik dan tidak banjir.

"Nanti bulan Juli, bakal diaspal. Jadi, aspal ini harus hati-hati, enggak lama memang cuman harus hati-hati. Mungkin, kalau banjir atau hujan, 30 menit harus kering," kata Abdulbar. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya