Kaesang Pangarep Digandeng Sinar Mas untuk Pelatihan Vokasi

Kaesang Pangarep Digandeng Sinar Mas Gelar Pelatihan Vokasi
Sumber :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVAnews

VIVA – Putra Bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep lewat bisnis di sektor edukasinya, Enigma IT Bootcamp digandeng oleh Sinar Mas. Kerja sama ini dalam mendukung langkah pemerintah merevitalisasi pendidikan kejuruan atau vokasi

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Lewat Eka Tjipta Foundation (ETF), Sinar Mas menggandeng Enigma IT Bootcamp untuk menggelar pelatihan coding dengan memberikan jaminan kerja kepada para lulusannya.

Direktur Eksekutif ETF, Ardy Candra menjelaskan, kerja sama ini bertujuan untuk mendapatkan para tenaga kerja pemrograman, yang siap berkiprah dalam sektor industri.

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil

"Karakteristik bisnis kami yang beragam menjadikan keberadaan para programmer di pilar bisnis yang satu dengan lainnya, mesti memiliki nilai tambah yang berbeda," kata Ardy dalam keterangan tertulisnya, Senin 3 Februari 2020.

Ardy menjelaskan, rangkaian pendidikan dan latihan yang diinisiasi pihaknya ini, bertujuan untuk menjaring peserta didik. Kemudian, peserta akan dididik dengan kurikulum dan praktik yang sesuai dengan kebutuhan tempat mereka nanti bekerja.

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

"Hal itu sekaligus memberikan jaminan kerja bagi para programmer tadi," ujar Ardy.

Ardy mengatakan, kebutuhan akan praktisi coding hari ini semakin tinggi, sementara teknologi berkembang begitu cepat. Sehingga, kurikulum yang ada di lembaga pendidikan resmi pun menjadi banyak yang kerepotan dalam upaya menyesuaikan diri.

"Maka semoga saja inisiatif ini dapat menjadi salah satu solusi memenuhi kebutuhan cepat terhadap para programmer yang siap bekerja," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Founder Enigma Kaesang Pangarep menjelaskan, model pendidikan coding dan pemrogaman yang dikembangkan oleh pihaknya akan terfokus pada upaya pemenuhan segera atas kebutuhan sumber daya pemrograman, yang dibutuhkan oleh sektor swasta.

"Hal ini sejalan dengan apa yang menjadi kebutuhan mitra kami, yakni Sinar Mas," ujar Kaesang.

Perusahaan yang juga terlibat dalam kemitraan ini adalah PT Berau Coal Energy, yang berada di bawah payung Sinar Mas Energy & Infrastructure. Nantinya, perusahaan itu juga akan menjadi salah satu wadah recruitment bagi para tenaga programmer, yang berasal dari lulusan program pelatihan vokasi ini.

Dalam gelombang pertama, program vokasi ini akan mendidik sebanyak dua puluh lulusan sekolah menengah atas atau kejuruan, yang akan menjalani pelatihan sepanjang dua bulan. Pelatihan tersebut nantinya akan berbentuk kombinasi perkelasan dan praktik, termasuk menggarap proyek penugasan.

Para lulusannya nanti dipastikan akan mendapat kesempatan bekerja di Sinar Mas Energy & Infrastructure, sehingga kerja sama ini diharapkan dapat mendukung Iangkah pemerintah, dalam merevitalisasi pendidikan kejuruan atau vokasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya