Virus Corona, Aspelindo Minta Ribuan Pekerja Tiongkok Dipulangkan

Ilustrasi salah satu industri di wilayah Kabupaten Bekasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Dani

VIVA – Asosiasi Pengusaha Limbah Industri Indonesia (Aspelindo) meminta pemerintah segera memulangkan para pekerja asing asal Tiongkok terkait dengan wabah virus corona yang menyebar di negara itu. 

Guus Hiddink Resmi Latih Timnas Indonesia, Ternyata Cuma April Mop!

“Kami minta pemerintah memulangkan tenaga kerja asing asal China untuk sementara waktu selama virus corona dinyatakan aman,” kata Sekjen Aspelindo, Budiyanto, Selasa 4 Februari 2020.

Budiyanto beralasan, permintaan ini untuk memberi kenyamanan bagi warga Kabupaten Bekasi secara khusus. Menurutnya, di sejumlah kawasan industri sangat banyak pekerja asal Tiongkok.

Xavi Hernandez Beber Alasan Tuntut 2 Jurnalis

Dia mengungkapkan jumlah pekerja asing asal Tiongkok di Kawasan Industri Terpadu Indonesia China (KITIC) dan Meikarta ada lebih dari 3.000 orang. Mereka ada yang bekerja sebagai pekerja kasar, sampai pekerja perkantoran. 

Budi menduga, kemungkinan besar banyak pekerja asing asal Tiongkok yang baru datang ke Indonesia. Tak mustahil penyebaran virus corona bisa terjadi bila salah satu pekerja asal Tiongkok yang sudah terpapar. Apalagi secara geografis, baik di KITIC maupun Meikarta, sangat strategis posisinya.  

Prilly Latuconsina Tegaskan Tak Akan Klarifikasi Rumor Tak Berdasar

Untuk itu, dia berharap pihak keimigrasian, Dinas Kesehatan, dan pihak kepolisian segera melakukan pengawasan untuk memastikan dokumen para pekerja asing tersebut. “Apakah mereka baru datang atau sudah lama menetap,” tuturnya. 

Sebelumnya, kantor imigrasi kelas II Non TPi Bekasi menyatakan terdapat 1.686 pekerja asal Tiongkok yang berada di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi. Kedudukan mereka ada yang memiliki izin tinggal tetap, dan ada juga yang izin tinggal terbatas. 

Bentrokan kelompok rontek meluas di Pacitan

Bentrok Antar Kelompok Rontek, Mako Polda Lampung Ditembaki Orang Tak Dikenal

Sejumlah berita masuk dalam kategori terpopuler sepanjang Minggu 7 April 2024, diantaranya berita mengenai bentrok antar kelompok hingga mengenai pemudik yang pingsan.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024